Home Nasional KPU : PSU di Nias Selatan dijadwalkan Pada 26 April

KPU : PSU di Nias Selatan dijadwalkan Pada 26 April

0

 

sigit _ pamungkasPOROSNEWS.COM – Target pemungutan suara ulang (PSU) yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tanggal 23 April 2014 mendatang meleset dari target. Betapa tidak, pada tanggal 26 April mendatang, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara masih melakukan PSU.

Komisioner KPU RI divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Sigit Pamungkas mengatakan, sebanyak 35 TPS di Kabuaten Nias Selatan pada tanggal 26 April masih akan melakukan PSU. Pelaksanaan PSU pada tanggal tersebut sesuai dengan rekomendasi Panwaslu setempat.

“Panwaslu setempat rekomendasikan 32 TPS lakukan PSU. Sedangkan PPS setempat mengusulkan 3 TPS juga lakukan hal serupa. Jadi Total ada 35 TPS yang diulang,” kata Sigit saat berbincang dengan wartawan dikantor KPU, Jakarta, Senin (21/4).

Lebih lanjut alumnus Universitas Gajah Mada tersebut menambahkan, terkait dengan Kabupaten Nias Selatan, pelaksanaan PSU harus dilaksanakan pada tanggal 26 lantaran keperluan logistik, dan kesulitan daerah tersebut untuk dijangkau.

Sigit mengatakan, untuk keperluan logistik semisal surat suara, proses distribusi baru akan dilakukan dari Jakarta, pada Selasa (22/4). Dan diperkirakan akan tiba di Provinsi Sumatera Utara sehari setelahnya. Sesudah tiba di Sumut, proses distribusi akan dilakukan ke tempat tujuan, dengan menggunakan pesawat perintis. Dengan demikian diperkirakan maksimal PSU di Nias Selatan akan dilaksanakan pada tanggal 26 April mendatang.

“Yang jelas kami tetap menjamin hak politik dan konstitusional warga negara. Karena itu PSU tetap kami lakukan,” jelas Sigit.

Dikonfirmasi terkait dilakukannya PSU di Kabupaten Nias Selatan, Sigit menjelaskan, PSU terpaksa dilakukan karena adanya penggunaan hak pilih oleh pemilih lebih dari satu kali.

“Dan hal tersebut dilakukan dengan massif. Karena itulah PSU terpaksa kita lakukan,” tutupnya. Marcopolo.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.