Home Nasional Hukum Soal Dugaan Tindak Pidana Pemilu, Polri Terus Lanjuti Laporan Bawaslu

Soal Dugaan Tindak Pidana Pemilu, Polri Terus Lanjuti Laporan Bawaslu

0

money politic_stop

POROSNEWS.COM – Aparat kepolisian terus menangani sekaligus memproses laporanan dugaan tindak pidana pemilu yang dilaporkan oleh Badan Pangawas Pemilu (Bawaslu).

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Mabes Polri Kombes Pol Rianto mengatakan, hingga Senin (21/4) dari total 202 kasus yang ditangani korps bhayangkara tersebut, sebanyak 244 orang sudah dijadikan tersangka.

“Semua kasus itu ada 123 kasus yang disidik, tahap I 12 kasus, tahap II 38 kasus, dan SP 3 19 kasus,” kata Kabag Penum Polri Kombes Agus Rianto di Mabes Polri Selasa (22/4).

Lebih lanjut, perwira menengah dengan lambang 3 bunga melati dipundak menambahkan, para tersangka itu mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Yakni Kades 9 orang, tim sukses 73 orang, dan caleg 61 orang. Juga ada PNS, pengurus partai, KPPS, dan tim sukses.

“Jenis pelanggaran yang kita tangani yang terbanyak memang money politic sebanyak 57 kasus. Lalu pencoblosan lebih dari satu kali 38 kasus, dan kampanye di luar jadwal 19 kasus,” bebernya.

Pidana yang lainnya seperti kampanye di tempat yang dilarang dan perusakan alat peraga. “Berkaitan dengan rekapitulasi surat suara yang dilakukan KPU, kami terus memberikan back up pengamanannya,” tutupnya. Sumber Berita Satu/ Darmo Gandul

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.