Home Nasional Daerah Banyak Sabotase, 31 Kecamatan di Nias Lakukan Pemilu Ulang

Banyak Sabotase, 31 Kecamatan di Nias Lakukan Pemilu Ulang

0

coblos ulangPOROSNEWS.COM  – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merekomendasikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 31 Kecamatan di seluruh Kabupaten Nias Selatan.

Pimpinan Bawaslu Koordinator Divisi  Hukum dan Penindakan Pengawasan Pelanggaran Nelson Simanjuntak mengatakan PSU terpaksa harus diulang karena pelaksanaan pemilu legislatif (pileg) pada tanggal 9 April 2014 lalu di Nias Selatan tidak sesuai dengan prosedur.

“Ketua KPUD setempat tidak dipercaya masyarakat karena dia keponakan bupati setempat,” kata Nelson di gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu petang (23/4).

Nelson menambahkan bahwa hanya segelintir Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) saja yang menyerahkan formulir rekapitulasi penghitungan suara (Form C1) kepada Panwaslu setempat.

“Kejanggalan lain, jumlah suara sah dan tidak sah melampaui jumlah pemilih yang menggunakan hak suara,” tutup Nelson.

Panwas menemukan formulir C1 dan C1 plano yang dibuang. “KPU baru terima tanggal 15 dari C1, harusnya tanggal 11. PSU sesegera mungkin dilakukan,”katanya.

Kalau terjadi pelanggaran, kita koreksi. Pelanggarnya ditindak, kita harus kembalikan hak pilih rakyat. Tak perlu menunggu MK. Kita tidak mendapatkan bukti C1, D1 hanya di KPU,”sambungnya lagi.

Lebih dalam ia menyebutkan bahwa sekurang-kurangnya ada 11 kasus di Nias Selatan dan dua minggu lalu sudah laporkan ke polisi.

“Ada pembakaran 10 kotak suara di satu kecamatan. Tidak ada aksi nyata dari KPU. Prinsipnya kita mendahulukan proses koreksi pemungutan suara demi mengembalikan hak dipilih dan memilih. Diselesaikan tidak melampaui penetapan hasil nasional pada 9 Mei. Sebelum itu rekapitulasi di sana harus selesai,”tandasnya.

(PN/MAR)

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.