Home Nasional Hukum Cabulisme JIS, Guru dan Sekolah Wajib Diseret ke Meja Hijau

Cabulisme JIS, Guru dan Sekolah Wajib Diseret ke Meja Hijau

0

JISPOROSNEWS.COM  – Guru dan sekolah harus bertanggung jawab atas peristiwa pelecehan seksual yang menimpa seorang siswa TK Jakarta International School. 

Ketua Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO dan pengamat pendidikan, Arief Rachman mengatakan setiap kejadian atau kecelakaan yang mencederai siswa di dalam kelas adalah tanggung jawab guru. 

“Misalnya guru olah raga sedang memegang olah raga terus terjadi cedera pada anak, gurunya dituntut, lalu kepala sekolah sebagai manajernya harus dimintai pertanggungjawaban,” katanya, setelah acara pembukaan Inacraft 2014, Rabu (23/4/2014). 

Hal yang sama, menurut Arief, berlaku pada kejadian pelecehan seksual di TK JIS. Guru yang bertanggung jawab pada jam belajar saat pelecehan seksual berlangsung harus diseret ke pengadilan. 

Dia mengatakan tanggung jawab juga harus dipikul oleh JIS dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. TK JIS harus ditutup karena telah beroperasi tanpa izin, sedangkan Kemendikbud lalai mengawasi persyaratan pendirian TK JIS. 

“Harus ditutup, dia secara hukum bersalah, tapi pendidikan anak harus dijamin, harus berlangsung terus,” katanya. 

Arief mengatakan pihak sekolah bisa menawarkan program pendidikan non formal dengan terlebih dulu mendaftar ke Kemendikbud, atau para orang tua murid bisa mengajar anaknya di rumah melalui program homeschooling. (PN/BSJ)

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.