Home Nasional Hukum HP Jadi Tersangka, Fahri Hamzah Sinyalir Modus Politis Hilangkan Jejak Century

HP Jadi Tersangka, Fahri Hamzah Sinyalir Modus Politis Hilangkan Jejak Century

0

fahri hamzah 2POROSNEWS.COM  – Anggota Komisi III DPR, Fahri Hamzah mendesak KPK menjelaskan terkait penetapan mantan Dirjen Pajak, Hadi Poernomo (HP) sebagai tersangka terkait kasus pajak Bank BCA. Pasalnya, ada dugaan publik bila keputusan tersebut bermotif politik.

“KPK harus menjelaskan secara terbuka dan jelas dasar-dasar dan langkah-langkah, sehingga penetapan HP sebagai tersangka tidak terkait audit BPK atas kasus Century dan audit BPK kepada Kinerja KPK,” ujarnya dalam rilis yang diterima di Jakarta, Rabu (23/4).

“Hal ini memang penting, karena KPK memiliki kewenangan yang lebih dan kalau tidak diawasi ketat akan dapat disalahgunakan,” imbuhnya mengingatkan.

Selain itu, Fahri pun menegaskan, bila Abraham Samad cs harus mempertanggungjawaban kepada publik menyangkut kinerjanya sebagaimana diatur dalam UU KPK No 30/2002.

“Karenanya, tidak boleh menggunakan metode jurnalisme dalam upaya mencari kebenaran materil,” jelas Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Lantaran itu, KPK  tidak boleh berangkat pada pertemuan terbatas dan tertutup yang tidak tunduk kepada prosedur dalam hukum acara pidana dan prosedur hukum yang berlaku dan disahkan saat menetapkan seseorang sebagai tersangka.

“Sebab kalau tidak, hal ini akan membuat munculnya dugaan lain yang menjadi motif keputusan KPK,” tandas mantan deklarator sekaligus ketua umum pertama Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) itu. (PN/FHS)
_

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.