Home Nasional KPU RI Gelar Hitung dan Rekap Suara Pileg di Luar Negeri

KPU RI Gelar Hitung dan Rekap Suara Pileg di Luar Negeri

0

rekap suaraPOROSNEWS.COM  – Bukan hanya KPUD tingkat Provinsi saja yang menggelar dan melakukan rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan pemungutan suara pada pemilu legislatif (pileg) pada tanggal 9 April 2014 lalu.

Komisioner KPU RI Divisi Teknis Penyelenggara Hadar Nafis Gumay mengatakan, pada hari ini Rabu (23/4) pihaknya juga melakukan hal serupa, yakni menggelar rapat pleno guna menghitung sekaligus merakapitulasi suara pada pileg yang berlangsung di luar negeri.

“Rekapitulasi dimulai pukul 10.00 hingga pukul 24.00 Rabu (23/4). Hasil penghitungan suara pemilih luar negeri dihitung sebagai suara untuk Dapil DKI Jakarta II,” kata Hadar.

Lebih lanjut penggiat demokrasi yang dulu tergabung dalam lembaga Central For Election Reform (Cetro) menambahkan rapat digelar secara  terbuka dan dihadiri oleh Kelompok Kerja Panitia Pemungutan Luar Negeri (Pokja PPLN), perwakilan partai politik  maupun pengawas pemilu.

“Tujuannya kalau ada keberatan maka dapat langsung disampaikan.  Selama keberatan dilengkapi bukti-bukti dan keterangan yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tutupnya.

Untuk diketahui pelaksanaan pileg di Luar Negeri dilaksanakan lebih awal, yaitu pada tanggal 30 Maret sampai dengan 6 April 2014. Pileg diluar negeri dihelat di 96 Negara dan melibatkan 130 PPLN. Penghitungan suara dilakukan di tingkat PPLN pada 9 April. (PN/MARC/DI)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.