Home Nasional Hukum Sikat Korupsi e-KTP, KPK Diminta Tidak Pilih Kasih

Sikat Korupsi e-KTP, KPK Diminta Tidak Pilih Kasih

0

ektp1POROSNEWS.COM  – Direktur Invetigasi dan Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Uchok Sky Khadafi mendesak KPK tak hanya menetapkan pembuat komitmen sebagai tersangka korupsi kasus Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektrik alias e-KTP.

Dia mendesak pejabat negara juga diberlakukan serupa, lantaran ditemukan sejumlah penyimpangan dalam proses pelelangan. Misalnya, harga perkiraan sementara (HPS) yang ditetapkan PPK tak didasarkan hasil survei menjelang pengadaan e-KTP.

“Harga satuan yang tercantum dalam HPS atas perangkap sejenisnya tidak sama nilainya. Kemudian, terdapat perangkat yang tidak mempunyai harga satuan di dalam perhitungan HPS,” ujarnya dalam rilis yang diterima PorosNews.com di Jakarta, Rabu (23/4).

Pemelihaan dan penetapan harga satuan untuk beberapa peralatan dalam HPS, terangnya, memakai tawaran perusahaan anggota konsorsium yang memenangkan pelelangan. Kelima, lingkup pekerjaan juga tak terealisasi dengan baik di implementasinya.

“Selain itu, spesifikasi Blangko e-KTP konsorsium PT PNRI tidak sesuai dengan spesifikasi yang dipersyaratkan dalam dokumen pemilihaan. Terakhir, PNRI selaku pemenang lelang tidak memenuhi kelengkapan ISO 9001 dan ISO 14001 atas produk yang ditawarkan,” papar dia.

“Karena itu, pisau KPK harus lebih tajam kepada pejabat negara, bukan kepada pembuat komitmen,” pungkas Uchok tegas. (PN/FHS)
_____________

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.