Home EKONOMI Bisnis Fahri: KPK Harus Jelaskan Soal Tersangka Hadi Poernomo dalam Kasus Pajak BCA

Fahri: KPK Harus Jelaskan Soal Tersangka Hadi Poernomo dalam Kasus Pajak BCA

0

fahri ham3POROSNEWS.COM – Wakil Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Fahri Hamzah angkat bicara soal langkah Komisi Pemilihan Umum  (KPK) yang menetapkan mantan Ketua BPK Hadi Poernomo sebagai tersangka dalam kasus pajak BCA. Menurut Fahri, KPK adalah kantor pemerintahan prosedur dan aturan harus terbuka.

“Langkah KPK menetapkan seseorang sebagai tersangka tidak boleh didasarkan pertemuan terbatas dan tertutup yang tidak tunduk kepada prosedur dalam hukum acara pidana dan prosedur hukum yang berlaku dan disahkan,”kata Fahri dalam pesan singkatnya, Rabu (23/4/2014).

Sebab kalau tidak, lanjutnya hal ini akan membuat munculnya dugaan lain yang menjadi motif keputusan KPK.

Terkait dengan adanya dugaan masyarakat bahwa keputusan tersangka kepada Sdr. HP yang merupakan mantan Dirjen pajak dan ketua BPK berkait dengan kasus pajak PT BCA bermotif politik, maka KPK harus menjelaskan secara terbuka dan jelas dasar-dasar dan langkah2 sehingga penetapan HP sebagai tersangka tidak terkait audit BPK atas kasus century dan audit BPK kepada Kinerja KPK.

Menurut Fahri hal ini memang penting karena KPK memiliki kewenangan yang lebih dan kalau tidak diawasi ketat akan dapat disalahgunakan.

“Perlu dicatat bahwa pertanggungjawaban publik adalah diantara yang paling penting disebutkan dalam UU KPK No. 30 tahun 2002. KPK karenanya tidak boleh menggunakan metode jurnalisme dalam upaya mencari kebenaran materil,”pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad, penetapan mantan Dirjen Pajak 2002-2004 itu sebagai tersangka karena KPK sudah menemukan dua alat bukti dan fakta-fakta serta dokumen-dokumen yang menunjang.

“Karena kami sudah menemukan dua bukti yang cukup, oleh karena itu kita menetapkan tersangka kepada beliau dan ini langkah awal,” ujar Abraham Samad di Jakarta, Senin (21/4/2014) lalu.

Kata dia, pihaknya masih melakukan pemburuan terhadap tersangka-tersangka lainnya. “Kita akan kembangkan terus adanya pihak-pihak lain, mungkin yang mempunyai keterkaitan,” lanjutnya.

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.