Home EKONOMI Bisnis Forum Komunikasi Pengusaha Tambang Aceh Minta naikan Royalti Batu Bara

Forum Komunikasi Pengusaha Tambang Aceh Minta naikan Royalti Batu Bara

0

tambangPOROSNEWS.COM – Ketua Forum Komunikasi Pengusaha Tambang Aceh Rizal Kasli meminta agar pemerintah mempertimbangkan kembali rencana menaikkan royalti batubara sebesar 13,5 persen tahun ini. Pasalnya, harga batubara di pasar dunia sedang terjerembab atau berada di level terendah dalam kurun empat tahun terakhir.  Penyebabnya melimpahnya pasokan global dan penurunan impor oleh Cina.

“Jika pemerintah tetap menaikkan royalti, bisa dipastikan banyak perusahaan tambang batubara yang gulung tikar. Ujung-ujungnya pasti akan terjadi gelombang PHK besar-besaran. Itu yang tidak kami inginkan,” ujar Rizal saat dihubungi wartawan Senin (21/4).

Pernyataan ini merupakan sikap Forkom Pengusaha Tambang atas rencana pemerintah melalui Kementerian ESDM yang akan menaikkan royalti batubara menjadi 13,5 persen pada pertengahan tahun 2014.

Rencananya, kenaikan royalti ini akan menyasar perusahaan tambang batubara yang memegang izin usaha pertambangan (IUP) dengan tetap tidak memberatkan pelaku usaha. Caranya dengan mengevaluasi struktur cost-nya, keekonomiannya, kepastian besaran royalti sehingga tercapai win-win solutuion.

“Bagi perusahaan win bagi pemerintah win, pemerintah dalam artian pusat, provinsi dan daerah,” katanya.

Namun, Rizal pesimis dengan rencana tersebut yang tidak akan memberatkan pelaku  usaha karena yang paling terdampak adalah perusahaan kecil berlisensi IUP. Kondisi ini tentu akan memengaruhi produksi batu bara nasional yang tahun ini ditarget sebesar 430 juta ton. Target itu berpotensi terkoreksi 12% menjadi hanya 360 juta ton karena nilai produksi IUP kecil sekitar 50 juta ton hingga 60 juta ton per tahunnya.

“Yang saya tahu, di Indonesia ini perusahaan-perusahaan besar berlisensi PKP2B yang masih mendominasi pertambangan batubara. Nilainya bisa mencapai 300 juta ton, sedangkan sisanya berasal dari perusahaan kecil berlinsensi IUP,” ujar Rizal.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.