Home Nasional Daerah Kasus Bansos, Mantan Sekda Bandung Divonis 8 Tahun Bui

Kasus Bansos, Mantan Sekda Bandung Divonis 8 Tahun Bui

0

edis sisPOROSNEWS.COM  – Mantan Sekda Kota Bandung Edi Siswadi divonis 8 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung.

Edi yang menjadi terdakwa perkara pengurusan perkara banding dana bantuan sosial (Bansos) Pemerintah Kota Bandung Tahun Anggaran 2009 hingga 2010 juga dikenai denda Rp500 juta subsider 3 bulan kurungan.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Dr Haji Edi Siswadi berupa pidana penjara selama delapan tahun, dikurangi selama terdakwa berada di dalam tahanan dan denda sebesar Rp500 juta subsidair tiga bulan kurungan,” kata Hakim Ketua Nur Hakim, di Ruang Utama Pengadilan Tipikor Bandung, Kamis (24/4/2014).

Hakim menilai perbuatan terdakwa yang juga mantan Sekda Kota Bandung ini telah melanggar Pasal 6 ayat 1 huruf a dan Pasal 5 ayat 1 huruf a UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 64 ayat 1 KHUPidana jo pasal 55 ayat 1 KHUPidana jo UU Nomor 46 Tahun 2009 tentang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

Menurutnya ada banyak hal yang memberatkan terdakwa seperti terdakwa sebagai seorang pejabat negara tidak memberikan contoh yang baik dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. Kedua perbuatan terdakwa telah merusak citra peradilan dan mencederai rasa keadilan masyarakat.

Di sisi lain, terdakwa juga mendapat hal-hal yang merigankan karena belum pernah dihukum. Kemudian terdakwa juga  bertindak dan menunjukkan sikap sebagai justice collaboration.

Vonis ini jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan tuntutan Tim JPU dari KPK yakni menuntut terdakwa Edi Siswadi dengan hukumam 12 tahun penjara dan membayar denda sebesar Rp 500 juta subsider kurungan enam bulan penjara. (PN/BSJ)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.