Home Nasional Hukum Kejagung RI Bidik Korupsi PT.Adhi Karya Bali, Korupsi Benih dan Korupsi Dinas...

Kejagung RI Bidik Korupsi PT.Adhi Karya Bali, Korupsi Benih dan Korupsi Dinas Tata Ruang Jaksel

0

kejagungPOROSNEWS.COM – Dalam rangka mengembangkan penyidikan kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi & Tindak Pidana Pencucian Uang Mantan Kepala divisi VII PT. Adhi Karya Bali (Persero), Tbk atas nama Ir. Wijaya Imam Santoso, Kejaksaan Agung RI menjadwalkan sejumlah agenda.

Perkembangan penyidikan dengan kasus korupsi sebesar Rp. 15.384.969.744,69 itu disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung RI, Setia Untung Arimulyadi dalam rilis yang diterima PorosNews.Com, Kamis, (24/4).

Tim penyidik telah mengagendakan pemeriksaan 4 (empat) orang Saksi yang pemeriksaannya dilakukan di Kejaksaan Tinggi Bali yaitu:

–       Kepala Cabang BPR Lestari, Denpasar
–       Ir. Wisnu Budi Sunaryo – Wakil Ketua Komite Manajemen Adhi Karya
–       Kepala Proyek DSDP II Tahun 2010 PT. Wijaya Karya Bali
–       Kepala Proyek DSDP I Tahun 2009 PT. Wijaya Karya Bali

2.     Dua orang Saksi dari PT. Wijaya Karya Bali, tidak dapat hadir memenuhi panggilan penyidik karena adanya kegiatan yang tidak dapat ditinggalkan dan meminta untuk dijadwalkan kembali pemeriksaannya.

3.     Adapun Saksi Kepala Cabang BPR Lestari, Denpasar dam Saksi Ir. Wisnu Budi Sunaryo, tidak hadir tanpa keterangan.
B.   Perkembangan penyidikan Dugaan Tindak Pidana Korupsi dalam Pengadaan Bantuan Langsung Benih Unggul (BLBU) Paket I Tahun 2012 dengan nilai kontrak Rp.209.800.050. 000,- yang diduga tidak sesuai verietasnya, kurang volume dalam realisasinya serta beberapa pelaksanaan yang fiktif untuk hari Kamis, tanggal 24 April 2014 sebagai berikut:

1.     Tim penyidik telah mengagendakan pemeriksaan Saksi atas nama Achmad Yani – Karyawan PT. Hidayat Nur Wahana.

2.     Sekitar pukul 10.00 Wib, Saksi hadir memenuhi panggilan penyidik dan pemeriksaan pada pokoknya terkait dengan tugas dan pekerjaaan saksi selaku karyawan PT. Hidayat Nur Wahana, khususnya saat melaksanakan penyusunan dokumen perusahaan setelah melaksanakan kegiatan distribusi Bantuan Langsung Benih Unggul (BLBU) Paket I Tahun 2012 dalam rangka pencairan pelaksanaan kegiatan tersebut.

C.   Dugaan Tindak Pidana Korupsi Dan Tindak Pidana Pencucian Uang di Suku Dinas Tata Ruang Jakarta Selatan Pemda DKI Jakarta

Perkembangan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang yang dilakukan oleh Tersangka Raden Suprapto, SH (PNS Suku dinas Tata Ruang Jakarta Selatan Pemda DKI Jakarta) pada hari Kamis tanggal 24 April 2014 adalah sebagai berikut :

1.     Tim penyidik telah mengagendakan pemeriksaan terhadap Tersangka Raden Suprapto.

2.     Sekitar pukul 10.00 Wib, yang bersangkutan hadir memenuhi panggilan penyidik dan pemeriksaan pada pokoknya terkait dengan pelaksanaan-pelaksanaan tugas dan kewenangan Tersangka saat melaksanakan tugas di bidang Perijinan dan tata Kota Jakarta Selatan berupa pelayanan permohonan masyarakat tentang Rencana Kota (planing) dengan produk berupa Surat Ketetapan Rencana kota (KRK) yang digunakan sebagai permohonan hak atas tanah kepada Badan Pertanahan Nasional atau untuk pengurusan Ijin Mendirikan Bangunan serta pembuatan Surat Keterangan Retribusi Daerah (SKRD)serta hal lainnya yang menyangkut uang yang diterima Tersangka dalam melakukan pengurusan tersebut

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.