Home Nasional Hukum Meski JIS Milik Asing, Polri Nyatakan Tidak Tinggal Diam

Meski JIS Milik Asing, Polri Nyatakan Tidak Tinggal Diam

0

JIS TKPOROSNEWS.COM  –Kasus kejahatan seksual pada siswa di Jakarta International School (JIS) belum lama ini menyita perhatian banyak pihak termasuk agen investigasi intelegent Amerika Serikat, Federal Bureau of Investigation (FBI).

Organisasi Amerika yang berkecimpung dalam pengumpulan informasi data kejahatan itu kini tengah melirik kasus pedofilia yang terjadi di sekolah milik pihak asing tersebut. Terlebih di sekolah itu ada salah seorang pengajar bernama William James (pemangsa anak-anak) yang merupakan buronan FBI. Sayangnya, sang buron telah mati bunuh diri pada Maret lalu gara- gara aksi cabulnya diketahui polisi.

Terkait hal tersebut, pihak Polri mengaku siap bekerjasama dengan pihak manapun termasuk FBI untuk menuntaskan kasus hukum setelah FBI melakuan koordinasi dengan Polri.

” Hukum Amerika dan kita beda. Yang jelas di kita bila tersangka sudah mati, maka kasus itu harus dihentikan kecuali pelaku lebih dari satu orang. Ini sesuai KUHAP nomor 109 ayat 2 dimana  perkara pidana dihentikan bila belum cukup bukti dan meninggal dunia. Atau kasus sudah kadaluarsa,”kata Kabag Penum Polri, Kombes Agus Rianto, Kamis, (24/4).

“Dengan penyidik lain yang datang, kita akan komunikasi. Tapi kewenangan itu ada pada penyidik dan aparat negara setempat,”tuturnya.

Maka dari itu, kata dia, Polri tetap tidak sembarangan dalam melakukan investigasi tersebut. Dalam kedutaan misalnya, Polri tidak dapat secara langsung maupun tidak langsung turun tangan melakukan investigasi mengingat kedutaan memiliki otoritas tersendiri.

Sementara JIS merupakan sekolah milik pihak asing yang ada di Indonesia. Karenanya, polri merasa perlu merampungkan kasus pelecehan seksual di sekolah tersebut.

“Jika tidak dalam kedutaan meskipun itu perusahaan milik asing, tentu penyidik Indonesia yang berkewajiban melakukan investigasi lebih mendalam,”katanya. (PN/R-PRAS)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.