Home Nasional Hukum Pileg 2014, Polri Kantongi Ratusan Kasus ‘Money Politic’

Pileg 2014, Polri Kantongi Ratusan Kasus ‘Money Politic’

0

kombes agusPOROSNEWS.COM – Sebagai tindak lanjut laporan Bawaslu terkait informasi pengamanan pemilu 2014, kepolisian Republik Indonesia kini sudah mengantongi ratusan pelanggaran pemilu legislatif 9 April lalu. Sekurang-kurangnya total pelanggaran mencapai 219 kasus dengan jumah tersangka 273 orang dengan rincian kasus dalam proses penyidikan 152 kasus, tahap 1 ada 12 kasus, P21 termasuk tahap 2 seluruhnya ada 36 kasus dan SP3 ada 19 kasus.

“Itu sebelum masa kampanye, saat kampanye, masa tenang dan pemungutan suara. Kasus yang menonjol didominasi oleh ‘money politic’ ada 62 kasus. Saat pemungutan ada yang coblos lebih dari satu kali itu 41 kasus,”kata Kabag Penerangan Umum MabesPolri, Kombes Agus Rianto, Kamis, (24/4/2014).

Dalam pada itu, lanjut dia, aksi curang tersebut mayoritas dilakukan oleh para tim sukses para caleg. Di luar itu, Polri juga sudah mengidentifikasi pelanggaran lainnya semisal pemalsuan surat suara, kampanye dengan menggunakan fasilitas negara, fasilitas pendidikan, rumah ibadah d kampanye di luar jadwal.

“Jumlah 273 orang mayoritas dilakukan oleh timses kemudian petugas KPPS 37 orang , caleg 62 orang, timses 73 orang. Yang lainnya ada kepala desa dan PNS,”terang Agus.

Saat ditanya siapa dana dari partai mana pelakunya, Agus belum bisa menyampaikan secara gamlang dengan alasan masih belum lengkap.

“yang jelas datanya ada di kami,”sambungnya.

Diketahui bahwa proses rekapitulasi suara pileg kini telah memasuki rekap provinsi terkecuali bagi beberapa wilayah yang tersandung kendala teknis yang memaksa keadaan untuk melakukan pemilihan ulang seperti di Nias.

Dalam hal ini, Polri tetap akan mengawal hingga perhitungan dan rekap rampung sesuai jadwal.

“Kita tinggal menunggu nanti sesuai jadwal. Kita berharap jadwal ini bisa dilaksanakan pada waktunya. Sehingga tahapan menghadapi pilpres bisa sesuai pada waktunya,”tutupnya. (PN/YO/GUS)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.