Home EKONOMI Robert Tantular Akui Minta Pinjaman Likuiditas ke Budi Mulya

Robert Tantular Akui Minta Pinjaman Likuiditas ke Budi Mulya

0

robert tantularPOROSNEWS.COM  – Salah satu pemilik Bank Century, Robert Tantular mengaku dirinya sempat meminta bantuan kepada Budi Mulia yang saat itu menjabat Deputi Gubernur Bidang Pengawasan Moneter. Bantuan itu dikatakan agar mendapat pinjaman likuiditas. Pasalnya, saat itu Bank Century ditetapkan berstatus unit di bawah pengawasan khusus (special surveillance unit) pada awal November 2008.

“Kenyataan terjadi justru berbeda. Pada 13 November 2008, kita sudah meminta bantuan dana kepada PT Sinar Mas Multi Artha buat keperluan kliring. Tapi Sinar Mas hanya sanggup membantu Rp 25 miliar. Itu masih kurang,” kata Robert dalam sidang lanjutan kasus dugaan korupsi pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik dengan terdakwa Budi Mulia yang digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (24/4).

Robert juga mengatakan dirinya merasa curiga kepada Bank Indonesia (BI) lantaran bank sentral itu sengaja membuat bank yang saat ini bernama Bank Mutiara itu kalah kliring pada 13 November 2008. “Ditetapkan kalah kliring itu sebenarnya menyakitkan, karena hanya kurang Rp 5 miliar,” kata dia.

Padahal, lanjut dia lagi, Century saat itu  punya rekening di BI nilainya USD 1,3 juta. Pihaknya sudah memintanya agar dikonversi menjadi rupiah guna menambah modal. Karena permintaan itu mendesak, pihaknya meminta bantuan kepada Budi Mulia. “Pak Budi dan Bu Siti Fadjrijah setuju mau membantu. Anjuran Pak Budi supaya besok pagi (13 November 2008) direksi memasukkan surat permohonannya ke BI untuk konversi,” lanjut Robert.

Namun sayangnya, permintaan direksi Bank Century buat mengubah uang di rekening BI juga tidak dijalankan. Dia mengatakan konversi itu keesokan harinya baru dijalankan, namun semuanya sudah terlambat.

Robert mengaku tidak tahu-menahu ihwal hasil Rapat Dewan Gubernur BI yang menetapkan status Bank Century adalah bank gagal berdampak sistemik pada 13 November. Dia hanya tahu tiba-tiba Bank Century mendapat kucuran Fasilitas Pinjaman. (PN/R-PRAS)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.