Home EKONOMI Bisnis Agar Laris Manis, UKM Mesti Prioritaskan Kualitas

Agar Laris Manis, UKM Mesti Prioritaskan Kualitas

0

kerajinan rajapolahPOROSNEWS.COM  – Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Jawa Barat mengatakan produsen UKM harus membaca pasar dalam memasarkan produknya ke pasar ritel.

Ketua Aprindo Jabar Hendri Hendarta mengatakan pasar tentu akan menerima produk yang mereka inginkan dan begitu pula pasar ritel, di mana mereka dapat berani mempertahankan produk apabila produk tersebut laku dipasaran,” katanya kepada Bisnis, Kamis (24/4/2014)

Kalau produk tidak laku, kami juga sulit memasarkannya. Begitu pula dengan continuitas ketersediaan produk yang harus dipersiapkan oleh produsen.”

Oleh karena itu, saat ini pengusaha dan pemerintah sedang bersama-sama terus melakukan sosialisasi dan edukasi tentang hal tersebut agar bagaimana caranya para pelaku atau produsen khususnya UKM juga dapat masuk ke pasar ritel modern.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat mengakui jika inovasi produk UKM sangat diperlukan untuk memasuki pasar yang lebih luas, apalagi pasar bebas Asean 2015.

Kepala Disperindag Jabar Ferry Sofwan mengatakan agar produk UKM bisa bersaing dengan impor di pasar ritel maka mereka harus bisa berinovasi untuk membuat produknya menjadi berkualitas, baik dari segi kemasan atau rasa.

“Untuk pelabelan SNI atau halal tentu sudah menjadi syarat produk diterima oleh pasar, namun inovasi pun menjadi salah satu tantangan UKM untuk mengembangkan produk,” katanya.

Pihaknya mengakui biaya menjadi persoalan bagi pelaku usaha mikro. Hingga saat ini pihaknya terus memberi stimulus melalui subsidi bagi pengusaha kecil. Hal ini dilakukan agar produk UKM bisa banyak yang masuk ke pasar modern. (PN/BSJ)

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.