Home Nasional Dianggap Loyalis SBY, PKB dan PAN Bakal Merapat ke Demokrat

Dianggap Loyalis SBY, PKB dan PAN Bakal Merapat ke Demokrat

0
foto: istimewa
foto: istimewa

POROSNEWS.COM – Direktur Eksekutif Indo Strategi and Consulting, Andar Nubowo menilai, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN) akan merapat ke Demokrat, bila partai bintang mercy berkehendak membuat poros baru.

“Saya rasa, memungkinkan ya, karena selama ini PKB sama PAN berkoalisi dan bergabung dengan pemerintahan Pak SBY (Ketua Umum DPP Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, red),” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (25/4).

Selain itu, Andar melihat, PKB mulai menjauh untuk berkoalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), lantaran sampai sekarang belum menyatakan sikapnya.

“Ada dorongan-dorongan kuat dari luar yang mendesak PKB untuk merumuskan langkah-langkah politiknya, jangan terburu-buru dengan dengan PDIP,” pungkas dosen UIN Syarief Hidayatullah Jakarta ini.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Demokrat, Andi Nurpati mengatakan, partainya akan mendirikan poros koalisi baru, di luar PDIP, Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Golkar. Untuk merealisasikannya, berencana merangkul dua-tiga parpol.

Saat ditanya apakah parpol yang akan diajak berkoalisi itu merupakan partai yang selama ini ada di Kabinet Indonesia Bersatu alias Sekretariat Gabungan (Setgab), mantan Anggota KPU ini berkelit. Menurut dia, hal tersebut dikembalikan kepada masing-masing parpol.

Menyangkut alasan wacana tersebut dimunculkan, lantaran partai bintang mercy menggelar konvensi capres untuk diusung dalam Pemilu Presiden (Pilpres), 9 Juli nanti. (FHS/Marcopolo).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.