Home Nasional Dikabarkan Merapat ke PDIP, PKB Minta Jatah Kursi Menteri

Dikabarkan Merapat ke PDIP, PKB Minta Jatah Kursi Menteri

0

lambang_pkb_

POROSNEWS.COM – Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Kadir Karding berkelit, saat dikonfirmasi mengenai partainya yang dikabarkan meminta satu kursi menteri koordinator (menko) dalam kabinet, sebagai syarat berkoalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Dia justru mengatakan, PKB sepakat dengan kebijakan PDIP menyangkut koalisi, di mana parpol pendukung tak akan mendapatkan kursi menteri guna memperkuat sistem presidensial yang dianut Indonesia.

“Untuk itu, kita ingin diajak bicara soal format koalisi. Misalnya, soal menghidupkan lagi GBHN, road map jangka panjang pembangunan di bidang ekonomi itu apa fokus kedaulatan pangan, energi, atau apa. Itu yang kita bicarakan secara serius, agar kekuatan eksekutif dan legislatif menyatu,” ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Jumat (25/4).

Kendati demikian, Abdul Kadir tak menampik, bila nanti ketika PKB dipastikan berkoalisi dengan PDIP dan berhasil memenangkan Pemilu Presiden (Pilpres), akan ada distribusi kekuasaan di eksekutif.

“Power sharing (berbagi kekuasaan, red) otomatis terjadi. Tapi, itu bukan patokan utama. Jangan menjadi bahan bargaining. PKB tidak meminta apapun dalam komunikasi politik dengan semua partai, termasuk ke PDIP,” dalih alumnus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini lagi.

Di lain hal, dia menegaskan, PKB merupakan partai yang setia saat membangun koalisi dengan parpol lain. “Ini sudah dibuktikan dengan pemerintahan sebelumnya,” tandas Abdul Kadir. (FHS/Marcopolo).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.