Home Nasional Kantongi 369 Ribu Suara, Puan Maharani Melaju Mulus ke Senayan

Kantongi 369 Ribu Suara, Puan Maharani Melaju Mulus ke Senayan

0

Puan Maharani_ PDIP

POROSNEWS.COM – Putri Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga caleg petahana PDIP, Puan Maharani dipastikan bakal kembali melenggang ke Senayan dan duduk sebagai legislator untuk kedua kalinya.

Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPD yang dilakukan KPU Provinsi Jawa Tengah pada Kamis (24/4), Caleg nomor urut pertama di daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah V tersebut berhasil meraup suara sebanyak 369.927 suara. Di dapil Jateng V ini, Puan menang mutlak.

“Proses rekapitulasi suara berlangsung dengan aman dan kondusif. Hingga hari kedua (Kamis, 24 April), KPUD Jawa Tengah sudah merampungkan rekapitulasi penghitungan perolehan suara di V Dapil di Jawa Tengah,” kata Ketua KPUD Jawa Tengah, Joko Purnomo, Kamis Malam (24/4).

Sudah menjadi rahasia umum PDIP mempunyai basis massa kuat di Jawa Tengah. Dan khusus di Dapil Jateng V yang meliputi Kabupaten Boyolali, Klaten, Sukoharjo dan Kota Surakarta tersebut PDIP menang telak. Dari total 8 kursi yang diperebutkan di dapil Jateng V, PDIP sendiri berhasil menggondol dua kursi, kursi pertama milik Puan Maharani dan kursi kedua dimilikib Aria Bima dengan perolehan 96.163 suara.

Caleg-caleg dari parpol lain tak sanggup menyaingi perolehan suara keduanya, seperti halnya caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari dapil sama, yakni M Toha yang memeroleh 71.688 suara.
Kemudian mantan istri raja dangdut Rhoma Irama, Angel Lelga dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga bertarung di dapil sama hanya dapat 13.857 suara dan Gray Koes Moertiyah (Gusti Mung) dari Demokrat mendapat 15.403 suara.

Dari hasil rekapitulasi perolehan suara parpol, PDI Perjuangan juga unggul jauh di Dapil Jateng V dengan perolehan 861.673 suara dari jumlah suara sah yang ada di dapil tersebut sebanyak 2.010.828 suara.

Posisi kedua, ditempati Partai Golkar dengan perolehan 269.446 suara, disusul Partai Gerindra dengan 152.378 suara, PKB dengan 137.727 suara, dan posisi kelima Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 120.918 suara. ANT/ Sukmo Lelono.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.