Home Nasional Daerah Ditetapkan Jadi Tersangka Tindak Pidana Pemilu, Caleg DPD Riau Raib

Ditetapkan Jadi Tersangka Tindak Pidana Pemilu, Caleg DPD Riau Raib

0
foto; Istimewa
foto; Istimewa
foto; Istimewa

POROSNEWS.COM – Seorang caleg petahana Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Provinsi Riau atas nama Maimahan Umar tidak diketahui keberadannya seteleh secara resmi telah ditetapkan sebagai tersangka oleh aparat kepolisian terkait kasus tindak pidana pemilu ‘Money Politic’.

“Anggota sudah melakukan pencarian di Pekanbaru termasuk ke rumahnya dan rumah saudaranya tapi yang bersangkutan tidak ditemukan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Ajun Komisaris Besar Guntur (AKBP) Aryo Tejo kepada Antara di Pekanbaru, Kamis (24/4) siang.

Caleg DPD Nomor urut 11 tersebut sudah ditetapkan sebagai tersangka pelanggaran pidana Pemilihan Umum 2014 oleh Kepolisian Daerah Riau sejak beberapa pekan lalu. Namun demikian saat ditetapkan sebagai tersangka, Maimahan tidak diketahui keberadaanya alias menghilang. Terkait dengan hal tersebut, aparat kepolisian setempat mengaku sudah dua kali mengirimkan surat pemanggilan kepada pihak terkait, namun, Maimahan tak pernah datang.

“Tersangka diduga turut mengajak anaknya, Maryenik Yanda yang merupakan calon legislatif DPRD Riau untuk menjalankan politik uang tersebut. “Sampai saat ini upaya pencarian terhadap MU (Maimanah Umar) masih terus dilakukan. Kami berharap secepatnya dia sudah ditemukan dan diperiksa penyidik,” tutup AKBP Guntur.

Sebelumnya Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) melaporkan Maimanah Umar ke Polda Riau dengan sangkaan politik uang. Kasus tersebut berdasarkan laporan temuan yang disampaikan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau.

Sesuai dengan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara partai politik yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru, Maimanah Umar justru berhasil memperoleh suara tertinggi. Maimanah Umar berhasil mengungguli 24 caleg DPD lainya yang berkompetisi pada pemilu tahun ini. Dia berhasil meraup 43.113 suara. Rep/Darmo Gandul.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.