Home Nasional KPU : Pleno Rekapitulasi Suara Nasional dimulai 26 April Hingga 6 Mei

KPU : Pleno Rekapitulasi Suara Nasional dimulai 26 April Hingga 6 Mei

0

Husni Kamil Manik_ Ketua KPU

POROSNEWS.COM – Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara DPR, DPRD, dan DPD terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) diberbagai tingkatan. Setelah melewati rapat pleno di tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kotamadya/Kabupaten dan Provinsi, kini tiba giliran KPU RI melakukan hal serupa.

Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik mengatakan rekapitulasi penghitungan suara nasional dimulai sejak tanggal 26 April hingga 6 Mei 2014.

“Untuk duduk sebagai anggota DPR RI, partai politik harus mendapat 3,5 persen ambang batas perolehan suara secara nasional. Sedangkan, untuk DPRD provinsi dan kota, partai politik yang tidak mencapai ambang batas 3,5 persen perolehan suara tingkat nasional masih tetap diikutsertakan,” kata Husni di kantor KPU, Jakarta, Sabtu (26/4).

Lebih lanjut mantan komisioner KPUD Sumatera Barat tersebut menambahkan rapat pleno berlangsung secara terbuka, dihadiri perwakilan partai politik dan awak media untuk meliput kegiatan tersebut.

Selain itu, Husni juga mengatakan, sebelum menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara nasional. Pihaknya juga sudah melakuakn rekapitulasi perolehan suara di Luar Negeri pada 23 hingga 26 April lalu.

“Dari total 130 PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri_red), Menyisakan 20 PPLN yang akan diselenggarakan rekapitulasinya secara paralel. Hasil rekapitulasi luar negeri akan digabung dengan hasil rekapitulasi perolehan suara Daerah Pemilihan DKI Jakarta II,” tutup Husni.

Rapat pleno rekapitulasi secara nasional ini dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU, Ketua Bawaslu Muhammad, pimpinan DKPP, pimpinan lembaga negara, perwakilan kementerian, serta para saksi dari partai politik. TRB/Marcopolo.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.