Home Nasional Dekati Parpol Menengah, Gerindra Cemooh Demokrat

Dekati Parpol Menengah, Gerindra Cemooh Demokrat

0
foto; istimewa
foto; istimewa
foto; istimewa

POROSNEWS.COM – Wakil Ketua Umum DPP Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Fadli Zon berkeyakinan, wacana poros Demokrat tak akan mulus, khususnya dalam merangkul kembali anggota Sekretariat Gabungan (Setgab).

“Partai-partai sekarang bergerak bukan sebagai anggota Setgab, tetapi sebagai partai-partai yang independen,” ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Minggu (27/4).

Fadli Zon berpendapat demikian, lantaran melihat terbentuknya koalisi dalam menghadapi Pemilu Presiden (Pilpres) dipengaruhi elektabilitas capres yang diusung.

“Saya pikir elektabilitas calon menjadi faktor penting,” terka alumnus Universitas Indonesia (UI) ini. Sehingga, parpol cenderung merapat ke kandidat yang tingkat keterpilihannya cukup tinggi. Dia mengklaim, seperti capres Gerindra, Prabowo Subianto.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Demokrat, Andi Nurpati mengatakan, partainya berencana membentuk poros sendiri dalam menghadapi Pemilu Presiden (Pilpres), 9 Juli nanti, kendati jauh di bawah ambang batas presidensial, memiliki 20 persen kursi DPR atau mendapat 25 persen suara Pemilu.

Dalih wacana tersebut coba digagas, dalih mantan Anggota KPU ini, karena Demokrat mengusung capres yang diambil dari pemenang konvensi dan kandidat yang mencuat belum ada yang memiliki kompetensi mumpuni.

Sejumlah parpol yang dikabarkan didekati Demokrat untuk merealisasikan itu adalah anggota koalisi pemerintahan SBY periode kedua alias Setgab yang umumnya parpol menengah, PKB, PKS, PAN, dan PPP.

Di lain hal, Gerindra pun mencoba mendekati mereka, lantaran tak berwacana membentuk poros baru dan agar langkah Prabowo dalam Pilpres mulus. Sebab, memenuhi ambang batas presidensial. (FHS/Marcopolo).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.