Home Nasional Daerah Di Dapil Sumbar II, Nudirman Munir dan Nil Maizar Kandas Jadi Legislator

Di Dapil Sumbar II, Nudirman Munir dan Nil Maizar Kandas Jadi Legislator

0
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

POROSNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan sekaligus mengesahkan rekapitulasi penghitungan suara pemilu legislatif (pileg) tingkat nasional untuk daerah pemilihan II Provinsi Sumatera Barat pada Senin malam (28/4).

Di dapil Sumbar II yang meliputi delapan Kabupaten atau Kota jatah kursi untuk DPR RI sebanyak 6 kursi. Dari total 12 partai politik hanya 6 partai politik saja yang mampu mengantarkan kadernya untuk duduk di Parlemen sebagai seorang legislator. Di dapil ini juga caleg petahana partai Golkar, Nudirman Munir dan mantan Pelatih Timnas Nil Maizar harus membenamkan impian untuk tampil sebagai wakil rakyat. Nil Maizar yang maju dari Partai NasDem harus menerima realita pahit, sebab perolehan suara partai NasDem di dapil tersebut amat kecil, walhasil Nil tidak dapat melenggang ke Senayan.

Berdasarkan data hasil rekapitulasi yang disahkan oleh KPU RI, berikut enam caleg DPR RI yang berhasil masuk ke Senayan dan menjadi wakil rakyat. Pertama, partai Gerindra dengan total perolehan suara sebesar 194.591 suara. Partai besutan Prabowo Subianto tersebut berhasil mengantarkan Ade Rizki Pratama ke Senayan, total suara yang diraih caleg nomor urut 4 tersebut sebanyak 70.439 suara.

Untuk posisi kedua di raih oleh Partai Demokrat dengan raihan suara sebanyak 158.528 suara. Dan caleg atas nama Mulyadi dipastikan bakal melenggang ke Senayan. Posisi ketiga sendiri ditempati Partai Golkar dengan raupan suara sebanyak 151.738 suara. Namun caleg yang berhasil masuk ke Senayan dari partai politik berlambang pohon beringin itu bukanlah caleg petahana Nudirman Munir, melainkan caleg pendatang baru atas nama John Kenedi Aziz. Jumlah suara Nudirman, kalah jauh dibanding caleg Golkar nomor urut 1, John Kenedy Azis. Nudirman hanya mendapatkan 22.352 suara, sementara John memperoleh 53.182 suara. Dengan begitu, kursi untuk Partai Golkar diraih John. Nudirman Munir gagal kembali ke Senayan.

Sedangkan untuk posisi keempat diraih oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan total perolehan suara sebesar 94.010 suara. Partai politik yang identik dengan partai dakwah tersebut berhasil mendudukan caleg petahana atas nama Refrizal untuk kembali duduk sebagai seorang legislator di Senayan sebab ia meraih suara sebesar 25.521 suara.

Posisi kelima sendiri ditempati oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan total raihan suara sebanyak 92.173 suara. Partai politik berlambang Ka’bah itu berhasil mengantarkan calegnya yang bernama Muhammad Iqbal untuk duduk di Senayan. Iqbal sendiri memperoleh suara sebesar 21.319 suara. Dan untuk yang terakhir PDIP dengan total perolehan suara sebanyak 80.996. Partai yang mengidentikkan diri sebagai partai wong cilik itu berhasil mengantarkan Agus Susanto untuk duduk sebagai wakil rakyat. Agus Susanto bakal melenggang ke Senayan dengan perolehan suara mencapai 39.128 suara. ROL/Darmo Gandul.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.