Home Nasional Di Ujung Kekuasaanya, Apa Kado Terakhir SBY untuk Indonesia?

Di Ujung Kekuasaanya, Apa Kado Terakhir SBY untuk Indonesia?

0

sby ngesangPOROSNEWS.COM  – Masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tinggal 8 bulan. Komite Ekonomi Nasional mengusulkan sisa waktu tersebut digunakan untuk merealisasikan berbagai proyek investasi yang tertunda oleh masalah birokrasi.

Ketua Komite Ekonomi Nasional Chaerul Tanjung mengatakan pemerintah saat ini tidak akan bisa mewujudkan berbagai perubahan struktural dalam sisa masa jabatannya.

Perubahan struktural, jelasnya, merupakan kebijakan jangka panjang karena membutuhkan perubahan aturan perundangan-undangan.

Dia menyarankan pemerintah fokus menyelesaikan berbagai permasalahan birokrasi dan inkoordinasi yang selama ini menghambat realisasi berbagai proyek investasi besar di Indonesia.

“Misalnya proyek yang tinggal di depan mata segera digulirkan, investasi yang ada hambatan kecil-kecil, 1–2 hambatan yang bisa diselesaikan, selesaikan,” kata Chaerul, Selasa (29/4/2014).

Menteri Keuangan Chatib Basri memastikan selama masa peralihan kekuasaan pemerintah akan fokus menjaga pondasi perekonomian bagi pemerintahan yang baru.

“Keseimbangan ekonomi makro kita jaga, APBN hanya baseline, itu artinya pengeluaran yang harus dikeluarkan saja, yang rutin,” katanya.

Chatib menjelaskan kebijakan itu diambil agar pemerintahan yang baru memiliki ruang fiskal besar dalam APBN 2015 untuk mendanai inisatif kebijakan sendiri. (PN/BSJ/JIBI)

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.