Home Nasional Daerah Kerja di Home Industri, Gadis Belia Ini Malah Disiksa

Kerja di Home Industri, Gadis Belia Ini Malah Disiksa

0

20140429_152207POROSNEWS.COM – Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum mengaku prihatin atas korban penganiayaan yang dialami oleh Iis Lastri (13) saat bekerja di pabrik telor (home industri) di Bandung. Iis merupakan warga Kampung Cipesing, Desa Dirgahayu, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya.

“Kami meminta supaya korban kekerasan ini harus secepatnya ada tindakan dalam segi perawatan RSUD dan harus ada perlindungan dari pihak kepolisian,” ungkapnya kepada wartawan, Tasikmalaya, Selasa (29/4).

“Saya menyesalkan ini karena usianya juga masih berusia 13 tahun. Dia bekerja sering disirami minyak goreng dan luka bekasnya pun masih ada,” tambah Uu.

Sementara itu, Relawan Pusat pelayanan Terpadu pemberdayaan Perempuan dan anak (P2PTP2A), Nining Cahyaningsih, mengatakan bahwa  saat ini korban akan dibawa ke RSUD Tasikmalaya untuk perawatan intensif.

“Karena luka yang diderita korban ada cakaran tangan, luka melepuh pada wajah, tangan dan tubuh akibat disiram minyak goreng dan bekas pemukulan di bagian pinggang,”katanya.

Menurut pengakuan Iis bahwa dirinya dianiaya oleh rekan seprofesinya di tempat ia bekerja. Perangai rekannya itu cukup galak dan mudah tersinggung. Tidak jelas kenapa pelaku tega melakukan tindakan itu. Padahal Iis merasa tidak pernah menyinggungnya. Adapun honor yang ia terima di home industri tersebut cuma Rp450ribu per bulan.

“Kami selama bekerja di Bandung mengalami kekerasan dengan cara mencakar, menyiramkan minyak goreng dan memukul menggunakan baskom, dilakukan oleh SS (16),” kata Iis di hadapan bupati dan wartawan saat melakukan pengobatan di Puskesmas Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya.

Iis mengungkapkan, kejadian itu dilakukan SS selama 7 bulan. SS sempat mengancam Iis agar tidak buka mulut kepada bosnya.

“Dia mengancam jangan bilang sama siapa-siapa, jika kamu bilang lihat saja nanti,” ungkap Iis menyampaikan ancaman SS. (PN/DIM)

 

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.