Home Nasional Metropolitan Dikepung Ratusan Ribu Buruh, Polri Siap Amankan Objek Vital di Ibukota

Dikepung Ratusan Ribu Buruh, Polri Siap Amankan Objek Vital di Ibukota

0
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

POROSNEWS.COM -Dalam rangka menyambut hari buruh sedunia (May Day) yang jatuh pada 1 Mei besok,  Kepolisian Republik Indonesia akan melakukan persiapan pengaman di beberapa titik vital di Jakarta.

“Di beberapa tempat ya di bundaran HI, istana negara, KPI, DPR/MPR, pelabuhan Tanjung Priok, dan GBK,”kata Kabag Penum Mabes Polri, Kombes Pol Agus Rianto kepada wartawan, Rabu, (30/4).

“Jumlah pengunjuk rasa juga bervariasi, ada yang berjumlah 300 orang, 500, 1000 bahkan ada yang sampai 10.000 orang,”sambungnya.

Kendati polisi telah menyediakan mobil Barakuda, Watercanon sudah disiapkan, kata Agus, namun upaya awal polisi memberikan kenyamanan pada demonstran dan aktifitas rutin masyarakat.

Adapun jumlah pengunjuk rasa dari luar Jakarta masih belum diketahui.

“Data daerah masih menunggu. Di Jakarta bervariasi. Di sekitar Jabar, Karawang tapi tidak terlalu besar,”katanya.

Diketahui beberapa elemen akan menggelar aksi unjuk rasa esok hari di antaranya KSPI, SPN, KASDI, KASBI, SPLP, SBTPI, dan beberapa komponen pekerja lainnya.

Masih kata Agus bahwa demo buruh besok tak jauh beda dengan aksi buruh sebelumnya. Halnya demikian, para buruh tetap menyuarakan agar menolak upah murah dan meminta agar pemerinta menjalankan fungsi jaminan kesehatan masyarakat.

“Termasuk juga menuntut agar hapuskan sistem kerja kontrak termasuk revisi menteri tenaga kerja,”katanya.

Selain itu pun akan ada pengunjuk rasa yang menyuarakan soal rangkaian kegiatan pemilu yang di dalamnya meminta agar penyelenggara pemilu mampu mekaksanakan keg yg bersih dan jujur.

“(Kami) berharap semua aktifitas dapat belangsung dengan tertib, karena dinamika berdemokrasi akan terus diuji,”tandasnya. (PN/Tatang Oke).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.