Home Nasional Daerah Pileg di Riau, Demokrat Paling Banyak Langgar Aturan

Pileg di Riau, Demokrat Paling Banyak Langgar Aturan

0
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

POROSNEWS.COM – Berdasarkan catatan Indonesia Corruption Watch (ICW)  di lima kabupaten/kota di Provinsi Riau, Demokrat menjadi partai politik  yang paling banyak melakukan pelanggaran dalam Pemilu Legislatif 2014.

Koordinator Pemantau Pemilu ICW Provinsi Riau Usman mengatakan terdapat sembilan pelanggaran yang dilakukan Partai Demokrat sepanjang pelaksanaan Pileg. Pelanggaran-pelanggaran tersebut terdiri dari tujuh kasus politik uang dan dua pelanggaran penggunaan fasilitas negara.

“Kemudian disusul Partai PAN dengan temuan enam kasus politik uang dan satu kasus penggunaan fasilitas pendidikan,” katanya, Rabu (30/4/2014).

Urutan tiga ditempati Partai Golkar dengan enam temuan politik uang. Disusul Partai Gerindra dan PDIP masing-masing empat dan tiga temuan politik uang. Pelanggaran pemilu juga terjadi di partai Islam, PBB, PKB, PPP dan PKS masing-masing ditemukan empat, empat, dua dan satu temuan. Partai Nasdem menempati urutan terakhir dengan satu temuan politik uang.

ICW juga mengklasifikasikan pelaku pelanggaran sesuai jenjang Caleg. Caleg DPRD Kabupaten/Kota paling banyak melakukan pelanggaran sebanyak 22 temuan. Caleg DPRD Provinsi diurutan dua dengan 15 temuan, Caleg DPR RI sembilan temuan dan DPD tiga temuan.

Menurutnya, pelanggaran yang dilakukan partai politik maupun Caleg saat ini sudah menjadi trend selama massa kampanye seolah semuanya bukan sebuah pelanggaran.

“Agar Pemilu bisa lebih baik lagi, kami berharap masyarakat berperan aktif memantau pelaksanaan Pemilu kalau ada pelanggaran masyarakat harus berani melaporkannya,” tutupnya. PN/AM.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.