Home Nasional Rhoma, JK, Mahfud, Jadi Tumbal Politik PKB

Rhoma, JK, Mahfud, Jadi Tumbal Politik PKB

0
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

POROSNEWS.COM – Politik memang kejam, nampaknya adagium tersebut berlakubagi tiga bakal calon presiden Partai Kebangkitan Bangsa (Bacapres PKB), Profesor Rhoma Irama, Mahfud MD dan Jusuf Kalla. Ketiganya dipastikan tidak bakal maju sebagai capres dari partai politik berlambang bola dunia dengan sembilan bintang tersebut. Sebab, PKB sendiri dipastikan bakal merapat ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pimpinan Megawati Soekarnoputri.

“PKB dalam konteks ini (koalisi, red), sudah tidak bicara politik dagang sapi. Tapi, lebih kepada fundamental koalisi yang
sangat penting dan sekaligus membangunkan koalisi yang simpel. Jadi, kita cendrung bicara program, visi
dan orientasi, karena beberapa pengalaman koalisi yang gemuk tanpa didasari
fundamental koalisi yang tegas, jelas, dan detail kurang baik,” kata salah satu Ketua DPP PKB, Marwam Ja’far saat dihubungi dari Jakarta, Rabu (30/4).

Selain alasan koalisi, kata Marwan, raupan suara PKB yang hanya mencapai dikisaran sembilan persen pada Pemilu Legislatif (Pileg) sebagaimana hasil sejumlah hitung cepat, juga menjadi alasan.

“Kita harus realistis, bahwa realitas politik hari ini tidak memenuhi syarat presidential threshold,” pungkas Anggota Komisi V DPR asal Pati itu.

Diketahui, PKB berencana mengusung Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, dan Raja Dangdut Rhoma Irama. Bahkan, pencapresan mereka digadang-gadang jauh-jauh hari sebelum Pileg.

Sementara, syarat untuk mengajukan pasangan capres dan cawapres sesuai UU No 42/2008 adalah mendapatkan 20 persen kursi DPR atau meraih 25 persen suara dalam Pemilu. FHS/Marcopolo.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.