Home Nasional Hukum Keluarga Pilar Utama Pencegahan Narkoba

Keluarga Pilar Utama Pencegahan Narkoba

0

drugPOROSNEWS.COM – Badan Narkotika Nasional (BNN) terus memberi penyuluhan bahaya narkoba. Saat ini, Deputi Bidang Pencegahan BNN tengah membidik keluarga untuk jadi ‘agen’ utama dalam pencegahan narkoba.

“Peran keluarga banyak memberi manfaat bagi pembentukkan diri anak-anak, di mana orangtua dapat melakukan pengawasan dan deteksi dini kepada keluarga agar tidak terjerumus menjadi penyalahguna narkotika,” kata Kasie Media Tradisional Deputi Bidang Pencegahan BNN, Ahmad Soleh, saat diskusi bersama warga Jakarta Timur, Minggu (1/6/2014).

Sementara, seorang warga Andransyah sependapat dengan BNN bahwa keluarga adalah garda terdepan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba. Anak Andransyah adalah salah satu yang menjadi korban narkoba.

“Saat ini anak saya masih ada di dalam Lapas Cipinang karena kasus narkoba. Hati saya bergetar karena menyesal telah mengabaikan perhatian yang dibutuhkan anak,” ungkap Andreansyah.

Menanggapi penyesalan Andransyah, Ahmad mengatakan, kasus pengguna narkoba yang tertangkap lantas dijebloskan ke penjara masih banyak.

Seharusnya, sesuai UU No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika disebutkan bagi mereka yang melaporkan tidak dituntut pidana untuk dua kali masa perawatan.

“Maka untuk pengguna yang tertangkap tanganpun seharusnya juga mendapatkan haknya mendapatkan perawatan rehabilitasi pada tingkat penyidik, sehingga pengguna narkotika tersebut tidak perlu ditahan,” pungkasnya. (PN/

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.