Home Nasional Hukum Akil Nyuruh Hakim Tinjau Langsung Kelapa Sawit

Akil Nyuruh Hakim Tinjau Langsung Kelapa Sawit

0

akil3POROSNEWS.COM  – Terdakwa kasus sengketa pemilihan kepala daerah dan dugaan tindak pidana pencucian uang, Akil Mochtar mengajak majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), untuk melihat langsung perkebunan kelapa sawit dan kolam ikan arwana miliknya.

“Kelapa sawit ada atau tidak belum kita ketahui, karena selama ini hanya cerita saja, ikan arwana juga belum bisa dibuktikan,” ujar Hakim Ketua Pengadilan Tipikor, Suwidya di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (2/6/2014).

Menanggapi hal itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu meminta agar majelis hakim meninjau langsung ke lapangan. Hal itu dilakukan untuk membuktikan perkebunan kelapa sawit dan kolam arwana.

“Saya meminta, kalau bisa majelis on the spot ke lapangan mau meninjau perkebunan kelapa sawit, dan kolam arwana saya, saya bersedia pak. Tapi asal sanggup saja untuk membuktikan itu. Kalau kurang meyakinkan maksud saya,” tegas Akil.

Namun, kata Suwidya, hal itu sulit untuk dilakukan, hanya bisa berupa foto-foto dan keterangan saksi-saksi yang dihadirkan di persidangan.

KPK mendakwa Akil menerima Rp63,315 miliar sebagai hadiah terkait pengurusan sembilan sengketa pemilihan kepala daerah (pilkada) di MK, Rp10 miliar dalam bentuk janji untuk satu sengketa Pilkada, serta pencucian uang dengan menyamarkan harta sebesar Rp161 miliar pada 2010-2013 dan harta sebanyak Rp22,21 miliar dari kekayaan periode 1999-2010. (PN/SND)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.