Home Nasional Hukum Jokowi-JK Langgar Aturan Kampanye

Jokowi-JK Langgar Aturan Kampanye

0

jokowi-jk2POROSNEWS.COM  – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengimbau pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk memberi pendidikan politik kepada masyarakat. Caranya dengan menaati seluruh aturan dalam tahapan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014.

Ultimatum Bawaslu ini disampaikan menyusul laporkan yang dilayangkan tim advokasi pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menyoal kampanye di luar jadwal yang dilakukan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kala (JK). Pasangan ini dianggap mencuri start kampanye saat pleno penetapan calon presiden dan wakil presiden di Gedung KPU belum lama ini.

“Diimbau supaya seluruh kandidat dan tim marilah kita sama-sama mempertontonkan kepada masyarakat sebuah budaya taat hukum, taat aturan dan taat azas. Tolong itu diperhatikan,” kata anggota Bawaslu, Nasrullah, Senin (2/6/2014).

Nasrullah juga menyayangkan miskinnya etika berpolitik para kandidat. Padahal, kata dia, semestinya para capres dan cawapres memberikan tauladan yang baik dalam berpolitik kepada masyarakat. “Ini kan sebaliknya, yang dilarang malah dilakukan. Situasi kita sekarang itu aneh memang,” ujarnya.

Selain itu, kata Nasrullah, kedua pasangan masih memiliki pernyataan sikap yang lemah terhadap kampanye hitam. “Pernyataan sikap kandidat, simpatisan, relawan yang mengganggu sikap intoleransi, instabilitas itu harus dikedepankan. Kan sekarang malah pada kampanye di luar jadwal. Saya pernah lihat Jokowi di televisi juga menunjukkan hal yang berbau kampanye,” jelasnya.

Bawaslu pun memberikan peringatan keras kepada kandidat yang melakukan curi start kampanye. “Siapa saja bisa kena pidana karena di undang-undang seperti itu,” tukasnya. (PN/OKZ)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.