Home EKONOMI Naikkan Cukai Rokok, Selamatkan Generasi Bangsa

Naikkan Cukai Rokok, Selamatkan Generasi Bangsa

0

cukai rokokPOROSNEWS.COM  – Bagi perokok pemula, akses untuk mendapatkan sebatang rokok bukanla hal sulit karena sudah dijual bebas di warung-warung terdekat.

Bahkan rokok bisa dianggap lebih penting dibanding perbaikan gizi. Hingga saat ini, tantangan besar yang harus disikapi adalah peningkatan prevelensi merokok penduduk Indonesia dari 27% (1995) menjadi 36,3% (2013).

Data dari Riskesdas 2013 menunjukkan bahwa penduduk yang bekerja sebagai petani/nelayan/buruh menunjukkan proporsi terbesar dalam persentasi perokok aktif setiap hari, yaitu sebesar 44,5%.

“Berdasarkan Undang-Undang no. 39 tahun 2007 tentang cukain batas maksimum cukai rokok yang diperbolehkan yaitu 57% dari harga jual eceran rokok. Sedangkan di tingkat global, standar cukai rokok adalah 65%,”ujar Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi dalam acara Puncak Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia dengan tema: Naikkan Cukai Rokok, Lindungi Generasi Bangsa,” Jakarta, Senin, (2/6).

“Dengan peningkatan cukai rokok, kita berharap tingkat konsumsi rokok menurun hingga berdampak pada penurunan prevelensi perokok dan menurunnya kejadian penyakit tidak menular,”tambahnya.

Menkes optimis, pelaksanaan PP no 109/2012 yang intensif dan terintegrasi secara lintas sektor oleh jajaran pemerinta pusan, daerah dan masyarakat akan berdampak positif pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

“Implementasi PP tersebut akan menurunkan dampak buruk konsumsi rokok dan tembakau pada kesehatan individu, keluarga dan masyarakat,”tandasnya.(PN/PRAS)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.