Home Nasional TNI Polri Wajib Netral

TNI Polri Wajib Netral

0

Pasukan-TNI-PLATMERAHPOROSNEWS.COM  – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tetap menjaga komitmennya untuk bersikap netral pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Sikap tegas itu disampaikan Presiden SBY saat memberikan Commander’s Call kepada jajaran pimpinan TNI/Polri di Gedung Pierre Tendean, Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

“Presiden akan menekankan pentingnya netralitas TNI dan Polri bagi suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2014. Netralitas TNI tidak boleh terbawa politik praktis. Kementerian Pertahanan ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan ini,” kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro kepada BeritaSatu.com di Jakarta, Senin (2/6).

Menhan mengatakan, Presiden SBY sebagai Panglima Tertinggi berkewajiban untuk mengingatkan jajaran TNI dan Polri mengenai posisi netralnya pada pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Diakuinya menjelang Pilpres 2014, terlihat jelas adanya perpecahan di kalangan purnawirawan TNI/Polri dalam mendukung calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), yang akan berlaga pada Pilpres 2014 untuk memperbutkan kursi RI-1.

Para capres/cawapres akan mulai berkampanye pada 4 Juni hingga 5 Juli 2014 mendatang. Pada Pilpres 2014 terdapat dua calon unggulan yaitu pasangan Joko Widodo – Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dan Prabowo Subianto – Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta).

“Netralitas TNI dan Polri harus tetap dijaga. Itu harus menjadi harga mati. Tidak bisa ditawar-tawar,” kata Purnomo. (PN/BST )

 

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.