Home Nasional Debat, Prabowo-Hatta Jokowi-JK Sama-Sama Normatif

Debat, Prabowo-Hatta Jokowi-JK Sama-Sama Normatif

0

 

Karyono Wibowo, Peneliti Senior Indonesian Public Institute (IPI)
Karyono Wibowo, Peneliti Senior Indonesian Public Institute (IPI)

 

POROSNEWS.COM  – Dalam debat capres pertama Senin, 9/06, kedua pasangan capres tampil prima. Kedua pasangan saling menunjukkan kualitasnya. Secara umum, gagasan kedua pasangan capres cukup baik terkait tema debat yaitu “Pembagunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih, dan Kepastian Hukum” yang dibuat oleh KPU

 

Dari isi pemaparan, terkait dengan masalah Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih dan Kepastian Hukum secara normatif sama-sama baik. Namun, dari cara penyampaian gagasan, pasangan Jokowi – JK terlihat artikulatif menjawab pertanyaan pemandu diskusi.

Dengan bahasa yang simpel dan sederhana, Jokowi mengupas dari masalah sistem sampai teknis operasional. Pemaparan Jokowi kemudian dilengkapi oleh JK yang menjawab substansi pertanyaan dengan bahasa sederhana dan ringan.

Sementara Prabowo-Hatta lebih membahas permasalahan dari sisi makro dan normatif. Itulah deferensiasi atau personal branding dari kedua pasangan.

Prabowo-Hatta lebih menonjolkan strategi kebijakan makro, sementara Jokowi-JK menonjolkan kebijakan dari sisi implementasi.  Tentu dari sisi tema debat perdana ini, pasangan Jokowi – JK lebih confident. Misalnya, ketika membahas tentang sistem pemerintahan yang bersih, Jokowi-JK terlihat sistematis memaparkan visi misinya karena mereka memiliki pengalaman memimpin pemerintahan.

Begitu juga soal demokrasi, Jokowi menyampaikan gagasan tentang demokrasi secara simpel tapi sangat substansi. Dia mengatakan tujuan demokrasi itu kesejahteraan, demokrasi adalah mendengar suara rakyat dan melaksanakannya, demokrasi harus dilakukan dengan cara dialog dan musyawarah.

Sementara Prabowo mengatakan demokrasi itu membutuhkan pendidikan politik. Demokrasi itu harus produktif bukan destruktif. Intinya, dalam debat pertama yg membahas soal demokrasi, pemerintahan yg bersih & kepastian hukum, pasangan jokowi-jk tak ada beban dibanding Prabowo-Hatta. (PN/PRAS)

 

 

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.