Home Nasional Hukum Kasus Anas, Jaksa KPK Tidak Faham Hukum Kausalitas

Kasus Anas, Jaksa KPK Tidak Faham Hukum Kausalitas

0

anas5POROSNEWS.COM  – Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menilai eksepsi yang disampaikan Anas Urbaningrum sebagai terdakwa kasus penerimaan hadiah atau gratifikasi proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang kental dengan nuansa politik.

“Pada sidang yang digelar, Jumat 6 Juni 2014, terdakwa memahami dengan konstruksi berpikir yang cenderung politis,” ujar Jaksa Yudi Kristiadi dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Selatan, Kamis (12/6/2014).

Lebih lanjut Yudi mengatakan, dalam eksepsinya Anas seolah sedang tidak berada dalam kasus hukum melainkan tengah berhadapan dengan lawan politiknya.

“Tanggapan ini dimaksudkan keseimbangan konstruksi berpikir agar terjadi harmoni dalam hukum. Mencermati nota keberatan terdakwa, menangkap kesan seolah terdakwa tidak berhadapn dengan pengadilan, tapi berhadapan dengan lawan politik,” terangnya.

Di mana dalam keberatannya, lanjut Yudi, Anas mencoba menggiring forum hukum untuk masuk ke ranah politik, dengan bahasa, gestur, logika dan bahkan sentimen politik saat mengajukan keberatannya.

“Berusaha keras membius kasus hukum ke ranah politik. Dipaksa masuk dalam politik di mana membawa peristiwa proses hukum dalam tahap penyidikan sampai sidang,” kata Yudi.

Sebelumnya, dalam eksepsi atau nota keberatannya, Anas Urbaningrum di Pengadilan Tipikor, menyinggung Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang meminta KPK untuk mengambil sikap pada dirinya.

“Pada 4 Februari 2013, Ketua Wanbin Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono mendesak KPK untuk segera mengambil langkah yang konklusif dan tuntas terhadap masalah hukum terkait dengan saya,” kata Anas saat membacakan eksepsi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat 6 Juni 2014.

Bukankah teramat nyata bahwa SBY tidak respect dengan Anas gara-gara terpilih jadi Ketua Umum Partai Demokrat. Bukankah jelas, pidato SBY di Jedah itu adalah perintah pada KPK agar segera mentersangkakan Anas?.

Hukum memang bukan politik, namun prinsip kausalitas di muka bumi ini sangat niscaya bahwa sesuatu itu terjadi karena ada yang melatarbelakanginya. KPK sudah tercekik…?!(PN/OKZ)

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.