Home OLAHRAGA Laga Perdana, Brasil Sukses Tumbangkan Kroasia

Laga Perdana, Brasil Sukses Tumbangkan Kroasia

0

neymar1POROSNEWS.COM – Tak salah memang jika Neymar dijadikan harapan publik Brasil untuk membawa Negaranya melangkah jauh, karena ia benar-benar menjadi inspirasi di laga pembuka ini melalui dua golnya. Selecao pun menang dengan skor 3-1 atas Kroasia.

Jalannya Pertandingan

Pelatih Selecao, Luiz Felipe Scolari menurunkan seluruh pemain terbaiknya, termasuk pemain idola Brasil, Neymar. Sementara Kroasia memainkan Nikija Jelavic untuk menggantikan bomber utama tim yang tengah menjalani sanksi, Mario Mandzukic.

Sedari awal pertandingan dimulai, Brasil langsung tancap gas dan coba mencetak gol cepat. Namun justru Kroasia yang mampu mengancam melalui serangan balik cepat yang acapkali dimulai dari Luca Modric dan Ivan Rakitic.

Benar saja, Kroasia benar-benar mengejutkan publik tuan rumah di menit 11. Gol pertama tercipta bukan untuk Brasil, melainkan Kroasia melalui gol bunuh diri Marcelo.

Bola tercipta melalui crossing mendatar yang dilepaskan Ivica Olic di sisi kanan pertahanan Brasil, sempat terkena Nikija Jelavic, bola justru mengarah ke kaki Marcelo dan meluncur deras ke gawang sendiri yang dikawal Julio Cesar. 1-0 Kroasia unggul.

Tertinggal, Brasil semakin gencar menyerang dan mengepung pertahanan Valtreni, julukan Kroasia dan banyak mengandalkan Neymar untuk membangun serangan. Tercatat, operan banyak diberikan ke sisi kiri pertahanan Kroasia hingga 20 menit pertandingan.

Oscar! Hampir saja pemain Chelsea ini menyamakan kedudukan di menit 21. Kredit untuk Neymar yang mampu melewati Rakitic, sebelum akhirnya mengumpan bola ke dalam kotak penalti.

Bola tersebut berhasil dibuang pemain Kroasia, dan mengarah kepada Oscar yang langsung membelokkan bola ke sisi kanan gawang Kroasia. Beruntung Pletikosa masih sigap mengamankan gawang.

Neymar mendapatkan kartu kuning pertama di Piala Dunia 2014 ini di menit 28 sekaligus menyamakan kedudukan untuk Brasil. Ya, berawal dari perebutan bola di lini tengah, Oscar berhasil merebut bola dan memberikannya kepada Neymar yang tanpa ampun menendangnya dari luar kotak penalti.

Sempat terkena tiang, bola mendatar sempat memantul ke dalam gawang Valtreni. Pletikosa tak dapat berbuat banyak dan harus melihat gawangnya kebobolan. 1-1 Brasil menyamakan kedudukan. Skor ini bertahan hingga akhir babak pertama.

Brasil tetap mendominasi permainan di babak kedua ini dan mengurung pertahanan Kroasia. Namun tempo permainan di awal interval kedua ini hingga memasuki menit 48, tak secepat babak pertama.

Memasuki menit 60, Kroasia mulai percaya diri membangun serangan dan mengambil alih permainan. Tempo permainan berjalan normal dan Kroasia sepertinya coba mengamankan hasil imbang ini dengan memasukkan Marcelo Brozovic yang notabene gelandang bertahan, menggantikan Matteo Kovacic.

Meski telah memasukkan Hernanes dan Bernard agar lebih menyerang, Selecao tetap belum mencetak gol hingga pertandingan memasuki menit 68.

Brasil akhirnya mampu unggul atas Kroasia di menit 70, melalui titik putih. Bintangnya? Tak lain adalah Neymar yang ditunjuk sebagai eksekutor setelah rekannya Fred dijatuhkan di kotak penalti Kroasia oleh Dejan Lovren. Sempat ditepis Pletikosa, bola terlalu kencang datangnya dan masuk ke pojok kanan atas gawang Kroasia. 2-1 Brasil unggul.

David Luiz! Kembali peluang terbuang sia-sia di pertandingan ini. Kredit untuk Oscar yang memberikan crossing akurat kepada Luiz yang overlap ke depan, tak terkawal, pemain anyar Paris Saint Germain (PSG) ini justru menyundul bola melebar tinggi di atas gawang Pletikosa.

Bintang Brasil, Neymar akhirnya digantikan di menit 87 oleh Ramires agar lebih bertahan dan mengamankan kemenangan. Namun, Brasil justru menambah pundi-pundi golnya di penghujung laga, gol tercipta melalui gol cantik Oscar yang menusuk masuk dari lini tengah. Tanpa ampun pemain Chelsea itu, mencetak gol melalui bagian luar kaki kanannya.

Hingga akhir laga, tak ada lagi skor yang bertambah dan Brasil berhasil menjalankan laga pertamanya dengan baik dan meraih poin penuh dengan skor 3-1. (PN/OKZ)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.