Home Nasional Daerah Razia Pengemis, Pemprov DKI Jakarta Turunkan 1.000 Personel

Razia Pengemis, Pemprov DKI Jakarta Turunkan 1.000 Personel

0
Foto : ISTIMEWA
Foto : ISTIMEWA
Foto : ISTIMEWA

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan 1.000 orang personil aparat gabungan yang terdiri atas Satuan Polisi Pamong Praja dan Aparat Polda Metro Jaya untuk menanggulangi menjamurnya Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) diibukota menjelang datangnya bulan puasa, dan lebaran.

Kepala Dinas Sosial Masrokhan mengatakan, pihaknya telah menyusun grand design (rencana besar) dalam mengamankan Kota Jakarta dari serbuan PMKS, yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya, melakukan sosialisasi dengan memberikan informasi jangan memberikan sedekah kepada gepeng di jalan, serta melakukan operasi simpatik, berupa penjangkauan PMKS yang berada di jalan-jalan selama bulan puasa.

“Salah satu langlah yang akan kami tempuh adalah dengan melakukan operasi simpatik kepada PMKS maupun kepada warga, yang memberi sedekah kepada PMKS. Intinya kita mau memberikan sosialisasi, untuk memberikan bantuan kepada fakir miskin tidak di jalanan,” kata Masrokhan di Jakarta, Selasa (17/6).

Lebih lanjut Masrokhan menjelaskan dalam mengantisipasi maraknya gelandangan dan pengemis yang membanjiri ibukota, pihaknya tidak akan melakukan cara-cara pengerahan aparat gabungan dengan menangkapi para pengemis satu-persatu, Strategi yang akan ditempuh adalah dengan mendatangi titik-titik rawan PKMS dilima kota di Provinsi DKI Jakarta.

“Mau gelar apel, sih sebenarnya, tetapi situasi tidak memungkinkan. Soalnya Bapak kita (Jokowi) nyapres. Saudara kita nyapres juga. Kami sudah konsultasi ke pimpinan, dan dinyatakan tidak usah apel bersamaan,” tutupnya.

Untuk diketahui Pemprov DKI Jakarta akan menurunkan sekitar 300 personel dari Dinas Kebersihan dan 700 personel dari Satpol PP dan Polda Metro Jaya, Masrokhan menegaskan, pelaksanaan operasi tersebut tidak akan dilakukan secara besar-besaran, seperti biasanya. (BAS/PN). 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.