Home Nasional PBNU Tolak Keras Wacana Penghapusan Kolom Agama di KTP

PBNU Tolak Keras Wacana Penghapusan Kolom Agama di KTP

0
Siti Musdah Mulia
Siti Musdah Mulia
Siti Musdah Mulia

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Wacana penghapusan kolom agama dalam Kartu Tanda Penduduk (KPT) yang diwacanakan oleh salah satu tim sukses pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK), Siti Musdah Mulia mendapat penolakan keras dari organisasi massa Islamn terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU).

“Kita ambil contoh paling sederhana. Ketika terjadi kecelakaan di mana keluarga korban belum bisa dihubungi, penanganannya di rumah sakit, entah perawatan atau pemulasaran jenazah jika meninggal dunia, harus dilakukan sesuai dengan agama korban. Nah kalau keluarga korban belum bisa dihubungi, petugas mengetahui agama dari mana kalau bukan dari KTP?” kata Sekretaris Jenderal PBNU Marsudi Syuhud melalui siara pers di Jakarta, Kamis (19/6).

Lebih lanjut kiai asal Kebumen, Jawa Tengah itu menjelaskan bahwa keyakinan untuk memeluk agama adalah amanat dan jaminan konstitusi (UUD 1945). Setiap warga negara Indonesia (WNI) diberikan hak penuh untuk mempercayai dan meyakini lima agama yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Atas dasar itulah Marsudi menegaskan PBNU menentang keras rencana penghapusan kolom agama dari KTP.

“Undang-undang secara tegas menjamin kebebasan beragama masyarakat, tapi tidak tidak bisa diartikan kebebasan secara liar. Masyarakat harus memilih salah satu agama yang diakui di Indonesia, pilih mana yang sesuai dengan keyakinannya,” tutup Marsudi.

Diberitakan sebelumnya cendikiawan muslim yang juga salah satu feminis terkemuka di tanah air, Siti Musdah Mulia menyatakan dirinya sepakat untuk menghapus kolom agama dalam KTP. Siti berdalih  keterangan agama di kartu identitas justru dapat disalahgunakan.

“Saya setuju kalau kolom agama dihapuskan saja di KTP. Sebab pak Jokowi sudah mengatakan pada saya dan ia menyetujui usul yang saya sampaikan asalkan hal tersebut demi kesejahteraan rakyat,” kata Musdah dalam sebuah dialog publik beberapa waktu lalu di jakarta.

Sekedar informasi, dalam kabinet bayangan Jokowi-JK yang beredar luas dijejaring sosial, Siti Musdah Mulai diproyeksikan sebagai Menteri Agama. (MER/JAKS). 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.