Home Nasional Analis : Prabowo dan Jokowi Harus Paparkan Kemandirian Alutsista

Analis : Prabowo dan Jokowi Harus Paparkan Kemandirian Alutsista

0
Tank Marinir
Tank Marinir
Tank Marinir

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Analis politik Universitas Indonesia Arie Junaedi mengusulkan kepada capres Prabowo Subianto dan Joko Widodo harus memaparkan visi-misi jelas dalam kemandirian alat utama sistem persenjataan (Alutsista) dalam debat capres sesi III dengan tema “Politik Internasional dan Ketahanan Nasional”.

“Yang perlu ditekankan oleh para capres dalam debat nanti adalah program yang jelas untuk kemandirian dalam pengadaan alutsista bagi ketahanan nasional,” ujar Ari saat dihubungi di Jakarta, Minggu, (22/6).

Lebih lanjut Arie menjelaskan program kemandirian alutsista sangat diperlukan Indonesia mengingat sekitar 70 persen alutsista nasional didatangkan dari negara-negara barat. Oleh karena itu, kata Ari, setiap capres harus menunjukkan kepedulian nyata melalui visi-misi programnya terhadap pengembangan alutsista dalam negeri.

“Bedanya, Jokowi lebih menitikberatkan pada kekuatan pertahanan laut mengingat Indonesia adalah negara maritim.Sementara Prabowo, menurut dia, lebih menekankan kekuatan pertahanan darat, yang terkait dengan latar belakang militernya di Angkatan Darat,” tutup Arie. (ANT/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.