Home Nasional Daerah Inilah Harapan Rakyat Papua, Pada Presiden Terpilih

Inilah Harapan Rakyat Papua, Pada Presiden Terpilih

0
Foto : IST, Rakyat Papua
Foto : IST, Rakyat Papua
Foto : IST, Rakyat Papua

POROSNEWS.COM, JAYAPURA – Meskipun sudah diberikan hak otonomi khusus, melalui UU No.21 Tahun 2001 hingga kini tingkat kesejahteraan di provinsi Papua belum juga bisa dirasakan secara menyeluruh oleh rakyat Papua.

Direktur Eksekutif Imparsial, Poengky Indarti mengatakan bahwa kebijakan Otsus yang dicanangkan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah Papua dianggap telah gagal. Hal tersebut diperkuat dengan penyediaan sarana pendidikan dan kesehatan rakyat yang masih buruk, kemudian belum diselesaikan secara tuntas pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang terjadi di Provinsi Paling Timur Indonesia tersebut.

“Kebijakan Otsus telah dianggap gagal oleh rakyat Papua. Dan hal ini kemudian direspon dengan membahas rancangan UU Otsus Plus tanpa pelibatan masyarakat Papua,” kata Poengky di Jakarta, Sabtu (21/6).

Selain itu ia juga menyampaikan harapan rakyat Papua bahwa dialog tulus antara Jakarta dan Papua harus segera dilaksanakan dengan secepatnya. Sebab, hingga kini meskipun dialog perdamaian sudah disuarakan oleh rakyat Papua, namun pemerintah pusat hingga kini belum memberikan respons atas hal tersebut.

“Karena itu kedepan kami sangat berharap, jika presiden terpilih harus mempunyai hati tulus untuk menyelesaikan problematika yang dialami Papua,” tutupnya.

Sekedar informasi, meskipun Papua sudah berintegrai dengan NKRI, namun sejumlah persoalan klasik masih belum terselesaikan dengan tuntas. Diantaranya adalah proses integrasi yang dianggap tidak natural, kemudian masih banyaknya kasus pelanggaran HAM yang terjadi dimasa lampau dan tak kunjung diselesaikan diantaranya adalah kasus pelanggaran HAM Mapenduma pada tahun 1996, kasus Wamena pada tahun 1997 dan kasus Bella Alama yang kian hari semakin terlupakan dan tergerus oleh waktu. (REP/PN). 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.