Home Nasional Analis Kritik Konsep Jokowi Soal Teknologi Drone

Analis Kritik Konsep Jokowi Soal Teknologi Drone

0
Capres Jokowi Bersama Istri
Capres Jokowi Bersama Istri
Capres Jokowi Bersama Istri

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Debat capres sesi III pada Minggu malam (22 Juni) dengan tema Politik Internasional dan Ketahanan Nasional hingga kini masih terus menjadi pergunjingan. Salah satunya adalah gagasan capres Joko Widodo yang akan menggunakan teknologi Drone untuk menjaga dan mengamankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID), Jajat Nurjaman mengatakan teknologi drone akan berbahaya untuk Indonesia jika satelit kita menumpang kepada negara lain.

“Drone adalah teknologi tingkat tinggi yang mengharuskan sebuah negara mempunyai satelit sendiri, karena sebuah drone tidak akan efektif jika digantungkan kepada satelit negara lain. Bayangkan jika data yang didapat oleh drone Indonesia bisa dilihat oleh negara yang mempunyai satelit, bahkan mereka bisa saja menggunakan drone tersebut untuk menyerang Indonesia, mencuri data intelijen kita,” kata dia kepada redaksi, Senin (23/6).

Jajat lebih lanjut menjelaskan, Jokowi harusnya pikir panjang sebelum mengusung sebuah teknologi, Jajat juga berkeyakinan langkah Prabowo Subianto mengangkat topik penjualan Indosat ke Singapura lalu Qatar, adalah karena ia mengetahui betapa berharganya satelit tersebut untuk Indonesia.

“Jika betul Jokowi ingin mewujudkan teknologi drone di Indonesia, ia harus tahu konsep drone secara detil, daripada kita konsentrasi membangun teknologi drone, lebih baik kita konsentrasi mengambil kembali Indosat, Prabowo terlihat mengerti betul tentang fenomena ini, ia layak mendapat apresiasi,” tutupnya. (RAM/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.