Home EKONOMI Bisnis Awasi OJK, Ketum Perbanas Usulkan Bentuk Lembaga Khusus

Awasi OJK, Ketum Perbanas Usulkan Bentuk Lembaga Khusus

0
Foto :IST
Foto :IST
Foto :IST

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Perhimpunan Bank Umum Nasional (Perbanas), Sigit Pramono mengusulkan agar membentuk lembaga khusus yang bertugas mengawasi kinerja Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menurutnya OJK perlu diawasi karena menjadi regulator penting yang mengawasi seluruh kegiatan sektor jasa keuangan.

“Yang jelas harus ada lembaga independen yang mengawasi penggunaan anggaran OJK, kinerja, pengawasan lembaganya harus didasari pada adanya UU yang berkekuatan hukum,” kata Sigit dalam accara Evaluasi satu tahun menimbang Manfaat OJK di Wisma Antara, jakarta, Senin (23/6).

Lebih lanjut Sigit menjelaskan, hingga kini belum ada lembaga khusus yang bertugas melakukan pengawasan terhadap OJK. Padahal OJK sendiri mengelola anggaran yang cukup besar. Karena itu mengingat besarnya tanggung jawab yang diemban OJK, maka sudah sangat wajar jika ada lembaga khusus yang bertugas mengawasi kinerja dan penggunaan anggaran yang dilakukan OJK.

“Krisi tahun 1998 banyak bank Tutup dan BI tidak mampu mengatasi hal tersebut, maka terbentuklah OJK. Kasus bank century berdampak sistemik atau tidak. Disinilah diperlukan keberadaaan sebuah lembaga resmi yang mengawasi OJK,” tutup Sigit. (DIT/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.