Home Nasional Capres Jokowi Hendak Jadikan Indonesia Poros Maritim Dunia

Capres Jokowi Hendak Jadikan Indonesia Poros Maritim Dunia

0
Kapal Perang TNI AL
Kapal Perang TNI AL
Kapal Perang TNI AL

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Gubernur non aktif DKI Jakarta yang juga calon presiden, Joko Widodo menyatakan bahwa dirinya berkeinginan keras untuk menjadikan bangsa Indonesia sebagai poros maritim dunia. Jokowi amat yakin gagasan yang disampaikan olehnya bakal terwujud mengingat bangsa Indonesia letaknya sangat strategis, diapit dua benua dan dua samudra.

“Kita menyadari bahwa geopolitik ekonomi yang ada dari Barat menuju ke Timur, dari Barat menuju ke Asia. Kedepan kita harus jadi bangsa besar. Indonesia harus jadi poros maritim dunia. Kita ingin menang dilaut, berwibawa dan dihormati,” kata Jokowi dalam debat capres sesi III yang berlangsung di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Minggu malam (22 Juni).

Selain itu mantan walikota Surakarta tersebut menambahkan untuk membangun kedaulatan dalam bidang pertahanan setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah peningkatan kesejahteraan prajurit. Kedua adalah peremajaan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) dan yang ketiga adalah penguatan industri berbasis pertahanan.

“Dengan cara itulah bangsa Indonesia dapat dihormati dan disegani,” tambah pria kelahiran 21 Juni 1961 tersebut.

Selain itu, diakhir debat capres sesi III, mantan Walikota Surakarta mengutip perkataan Jenderal Sudirman.

“Saya ingin mengutip perkataan Jenderal Sudirman. Bahwa satu-satunya hak miliki republik ini yang tidak berubah adalah angkatan perang Republik Indonesia. Kita harus memastikan apa yang dikatakan Sudirman tersebut bisa tegak dan kita dirikan bersama-sama,” tutup Jokowi.  ​(PN/MARC).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.