Home EKONOMI Ramadhan Tiba, BPKN Ingatkan Pengusaha Jauhi Pemalsuan Produk

Ramadhan Tiba, BPKN Ingatkan Pengusaha Jauhi Pemalsuan Produk

0

bpknPOROSNEWS.COM – usaha secara rutin memeriksa produk yang diperdagangkan dan bersikap jujur dalam menjual produknya, termasuk selama Ramadhan dan Idul Fitri.

“Jangan menjual barang yang sudah kadaluwarsa atau rusak kemasannya. Pengusaha yang coba-coba melanggar bahkan bisa dipidanakan, misalnya dengan tuduhan pemalsuan atau penipuan,” ujar Wakil Ketua BPKN Yusuf Shofie di Jakarta, Senin (23/6).

Dia menambahkan, meningkatnya kasus peredaran makanan tak layak konsumsi selama Ramadhan dan Lebaran dimungkinkan karena pada saat-saat tersebut pasar tradisional dan pasar modern sangat ramai dikunjungi konsumen. Dalam kondisi itu, besar kemungkinan konsumen lalai memeriksa mutu barang yang akan dikonsumsinya.

Yusuf mengungkapkan, berdasarkan Pasal 4 UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, ada empat hal yang perlu dicermati konsumen. Pertama, konsumen memiliki hak terhadap kenyamanan, keamanan, dan keselamatan mengonsumsi barang atau jasa. Kedua, konsumen berhak memilih barang atau jasa serta mendapatkannya sesuai nilai tukar, kondisi, dan jaminan yang dijanjikan.

Ketiga, menurut Yusuf, konsumen berhak memperoleh informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang atau jasa. “Keempat, konsumen dapat memperoleh ganti rugi jika barang atau jasa yang diterima tidak sesuai perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya,” tutur dia.

Yusuf Shofie menjelaskan, menjelang atau selama Ramadhan dan Idul Fitri, permintaan barang meningkat. Biasanya hal itu diikuti munculnya kasus-kasus yang merugikan konsumen, seperti makanan yang tidak layak konsumsi dan membahayakan kesehatan. “Untuk itu, konsumen harus cerdas,” tandas dia. (PN/bst)

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.