Home Nasional Selain Anoa, Jokowi Bakal Buat Panser Banteng

Selain Anoa, Jokowi Bakal Buat Panser Banteng

0
Panser Anoa, Buatan PT Pindad
Panser Anoa, Buatan PT Pindad
Panser Anoa, Buatan PT Pindad

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Selain berkeinginan menjadikan bangsa Indonseia sebagai poros maritim dunia, capres Joko Widodo juga berkeinginan untuk memperkuat industri pertahanan Republik Indonesia. Salah satu unsur yang akan diperkuat oleh capres Jokowi adalah peremajaan alat utama sistem persenjataan (Alutsista).

“Bukan hanya panser Anoa saja, kedepan kita nanti akan punya panser Banteng.Sehingga kita betul-betul memproduksi alutsista sendiri,” kata Pria berusia 53 tahun itu dalam debat capres sesi III bertempat di Hotel Holiday Inn, Jakarta, Minggu malam (22 Juni).

Sekedar informasi tank Anoa adalh buatan PT Pindan. Panser Anoa sendiri adalah jenis kendaraan tank dengan kategori ringan. Hingga kini sejumlah negara Asean semisal Malaysia sudah membeli 32 Panser buatan PT. Pindan. Malaysia sendiri menamai Panser Anoa dengan Panser Rimau.

Sementara itu, semenjak 9 April 2010, sebanyak 13 buah Anoa telah digunakan untuk mengawal misi perdamaian PBB di Lebanon bersama Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-D/UNIFIL. Pada 15 November 2011 ANOA varian 6×6 yang menggunakan persenjataan senapan mesin berat 7.62 mm digunakan sebagai kendaraan tempur untuk patroli dan penjagaan ring pada acara KTT ASEAN di Nusa Dua, Bali.

Panser jenis ini juga dipakai oleh Paspampres untuk pengawalan kunjungan-kunjungan presiden. Selain kegiatan resmi, ANOA juga dipakai untuk pengamanan car-free day di Bundaran HI. Hingga kini PT. Pinda terus melakukan penjajagan keberbagai negara untuk mempromosikan panser karya anak negeri tersebut. (REP/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.