Home Nasional Dai Bachtiar Sebut Prabowo ‘Oon’

Dai Bachtiar Sebut Prabowo ‘Oon’

0

daiPOROSNEWS.COM –  Anggota tim khusus pemenangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo (Jokowi) – Jusuf Kalla, Jenderal (Pol) purnawirawan Dai Bachtiar, menyindir capres nomor urut 1, Prabowo Subianto.

Meski tak menyebut nama, Dai menilai Prabowo tak mengetahui persoalan laut China Selatan.

“(Prabowo) kok enggak tahu peta. Malu sama anak SMP (Sekolah Menengah Pertama),” kata Dai saat berorasi dalam kampanye terbuka, di Lapangan Enggal, Bandar Lampung, Lampung, Selasa (24/6).

Dai menegaskan jawaban Jokowi atas pertanyaan Prabowo mengenai laut China Selatan sudah sangat tepat.

“Urusan Laut China Selatan tak ada urusan dengan laut Indonesia. Menlu (Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa) bilang Pak Jokowi benar. Ada yang merasa tahu ternyata “oon” (tidak paham) juga,” tegasnya.

Sebelumnya, Menlu menyatakan bahwa Indonesia tidak masuk dalam pihak yang bertikai di Laut China Selatan.

Dia menjelaskan, Indonesia justru ingin berkontribusi dalam menyelesaikan sengketa yang melibatkan empat negara.

“Tentu upaya ini sifatnya terukur dan realistis bagaimana kemungkinan-kemungkinan keberhasilannya,” kata Marty di Istana Negara, Jakarta, Senin (23/6).

Salah satu ciri dan syarat menengahi suatu permasalahan, lanjut dia, adalah diterima atau tidaknya negara tersebut oleh pihak-pihak yang bertikai. Selama ini, Indonesia dengan segala diplomasinya, pemikiran dan gagasannya, diterima oleh semua pihak.

“Sehingga apa yang dikatakan oleh Pak Jokowi sebenarnya itu upaya kita memang dilakukan dengan asumsi kita bisa berkontribusi,” ujar Marty.

Dalam debat capres jilid III, Minggu (22/6), Jokowi menyatakan tidak ingin ikut campur menangani konflik Laut China Selatan. Jokowi ingin Indonesia tidak terseret pusaran masalah internasional. Apalagi, tanpa memberikan solusi yang jelas.

“(Masalah laut China Selatan) itu urusan negara lain dan negara lain. Tapi kalau kita berperan, juga lebih baik. Tapi kalau kita tidak punya solusi yang benar, proses diplomasi yang kita lakukan tidak bermanfaat, untuk apa kita lakukan?” papar Jokowi.

Prabowo sempat ingin memperdalam pertanyaan dengan menambahkan informasi bahwa ada wilayah Indonesia disebut turut diklaim dalam sengketa di Laut China Selatan.

“Setahu saya, dalam konflik China Selatan itu, kita sama sekali tidak punya konflik,” kata Jokowi kembali menegaskan jawabannya. (PRAS/bst)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.