Home Nasional Hukum IPW Desak Polri Tuntaskan Kasus Obor Rakyat Sebelum Pilpres

IPW Desak Polri Tuntaskan Kasus Obor Rakyat Sebelum Pilpres

0
Tabloid Obor Rakyat

Tabloid Obor Rakyat

Tabloid Obor Rakyat

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Mabes Polri untuk bergerak cepat dalam menangani Tabloid Obor Rakyat yang dianggap sebagai bentuk kampanye hitam dan merugikan pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

“Artinya sebelum pilpres 2014, Polri sudah harus menetapkan tersangka agar kasussnya bisa segera dilimpahkan ke pihak Kejaksaan untuk kemudian diproses ke pengadilan,” kata Presidium IPW, Neta. S. Pane dalam keterangan pers yang diterima PorosNews.Com, Jakarta, Selasa (24/6).

Lebih lanjut Neta menjelaskan sikap cepat dan tegas Polri amat dibutuhkan untuk menyelesaikan kasus tersebut. Sikap tegas itupula yang menjadi jawaban bahwa Polri bekerja netral dan tidak ada tekanan dari pihak Istana atau kekuatan politik manapun yang berusaha menutupi atau menunda-nunda kasus Tabloid Obor.

“Presiden SBY perlu mendorong Kapolri agar memproses kasus ini dengan cepat agar kasusnya terang benderang dan Istana tidak terseret-seret dfengan isu dibalik beredarnya Tabloid Obor Rakyat,” tambah Neta.

Masih kata Neta dalam melakukan penyelidikan terhadap kasus Obor Rakyat, Polri harus mengenakan pasal berlapis dengan tujuan dapat membidik tersangka dalam beberapa hal, diantaranya kesalahan redaksional dengan merujuk kepada UU pemilu, KUHP dan UU Pers. Selain itu, Polri juga bisa membidik tersangka dengan pencemaran nama baik, mengganggu ketertiban umum dan perbuatan menyebarkan isu SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).

“Dan yang paling penting, Polri harus bisa menangkap dan menahan orang atau aktor yang membiayai penerbitan tabloid tersebut,” tutup Neta. (MARC/PN). 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.