Home Nasional Survei Median, Prabowo Ungguli Jokowi

Survei Median, Prabowo Ungguli Jokowi

0
(Foto : Ist), Prabowo Subianto dan Joko Widodo
(Foto : Ist), Prabowo Subianto dan Joko Widodo
(Foto : Ist), Prabowo Subianto dan Joko Widodo

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Pelaksanaan Pemilu presiden (pilpres) tinggal belasan hari lagi, pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta) sudah berhasil menyalip pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Demikian salah satu kesimpulan survei teranyar lembaga survei Median (Media Survei Nasional).

“Berdasarkan hasil survei ditemukan bahwa pasangan Prabowo-Hatta mendapatkan dukungan sebesar 46, 2 persen suara. Sementara pasangan Jokowi-JK menempel tipis dengan dukungan sebesar 44,3 persen suara,” kata Direktur Eksekutif Median, Sudarto, Kamis (26/6).

Lebih lanjut Sudarto mengatakan, menjelang dihelatnya pilpres popularitas dan elektabilitas Prabowo-Hatta terus mengalami kenaikan. Salah satu faktor pemicunya adalah maraknya kampanye hitam yang menyudutkan pasangan capres-cawapres nomor urut satu tersebut.

Sementara pasangan Jokowi-JK dipersepsikan sebaliknya. Menjelang dilaksanakannya pilpres pasangan capres-cawapres nomor urut dua tersebut tingkat elektabilitasnya terus merosot. Publik mulai jenuh dengan gaya kepemimpinan Gubernur Non aktif DKI jakarta tersebut.

Namun demikian ia menambahkan, sejauh ini masih ada sekitar 10 persen pemilih yang belum mementukan pilihan dan sikap politiknya. Maka, dinamika dukungan politik bisa saja berubah.

“Yang jelas, dalam beberapa pekan kedepan, masih mungkin mengubah posisi elektabiitas kedua pasangan capres tersebut,” tutupnya.

Untuk diketahui Survei Median dilakukan pada tanggal 15-20 Juni 2014 dengan responden 2.200 orang yang tersebar di 33 Provinsi. Metode yang digunakan sendiri adalah dengan teknik multistage random dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dan margin error sekitar 2 persen. (IN/PN). 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.