Home Nasional Daerah Tak Becus Kerja, Kapolri Copot Kapolda DIY

Tak Becus Kerja, Kapolri Copot Kapolda DIY

0
Foto : Ist, Kapolri, Jenderal Sutarman
Foto : Ist, Kapolri, Jenderal Sutarman

POROSNEWS.COM, YOGYAKARTA – Kapolri Jenderal Sutarman secara resmi mengganti jabatan Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kapolri menjelaskan dicopotnya Kapolda DIY, Brigjen Haka Astana dari pucuk pimpinan komando di DIY sama sekali tidak terkait dengan maraknya aksi kekerasan yang kerap kali terjadi di Kota Pelajar tersebut.

“Pak Haka naik jadi bintang dua. Pergantian ini tidak terkait pengerusakan (rumah yang jadi tempat ibadah) dan penyerangan (doa rosario) serta terjadinya bentrok antar pendukung capres,” kata Kapolri, Jum’at, 27 Juni 2014.

Haka duduk sebagai Kapolda DIY sejak 8 April 2013. Dia menggantikan Brigjen Sabar Rahardjo yang saat itu dicopot karena kasus penyerbuan oknum Kopassus ke Lapas Cebongan, Sleman.

Lebih lanjut mantan Kabareskrim itu menjelaskan mutasi dalam tubuh Polri diatur dalam Telegram Rahasia (TR) Kapolri No. ST/1341/VI/2014 tertanggal 25 Juni 2014. Brigjen Haka Astana diangkat menjadi staff Ahli Manajemen Kapolri dan posisinya digantikan oleh Brigjen Oerip Soebagyo. Oerip sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sumatera Selatan.

“Staf ahli yang diganti Pak Haka memasuki masa pensiun. Selanjutnya posisi Wakapolda Jawa Tengah juga pensiun dan diganti Wakapolda Jambi. Posisi Wakapolda Jambi diganti Irwasda Jateng dan posisi Irwasda Jateng diganti Irwasda Sumbar,” tutup Sutarmab. (BAS/PN). 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.