Home Nasional Daerah Kapolda Jatim Tinjau Jalur Mudik Gunung Kumitir

Kapolda Jatim Tinjau Jalur Mudik Gunung Kumitir

0
Kapolda Jatim, Unggung Cahyonoi, Foto : Ist
Kapolda Jatim, Unggung Cahyonoi, Foto : Ist
Kapolda Jatim, Unggung Cahyonoi, Foto : Ist

POROSNEWS.COM, JEMBER – Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Unggul Wahyono dengan ditemani Kapolres Jember,  AKBP Joko Rumitro dan Kasat Lantas Polres Jember, AKP Akmal secara resmi meninjau sejumlah jalur yang akan dilewati pemudik pada musim lebaran mendatang. Salah satunya adalah jalur Gunung Kumitir yang menghubungkan Kabupaten Jember dengan Kabupaten Banyuwangi.

Dalam paparannya, Kapolda mengatakan, pihaknya bersama dengan jajaran terkait sengaja meninjau jalur tersebut lantaran dianggap rawan tindak kriminalitas,  dan rawan dengan bencana alam. Atas dasar itulah, kawasan Gunung Kumitir harus diperhatikan dengan seksama.

“Jalur Gunung Kumitir rawan macet dan kriminalitas. Karena itu perlu diwaspadai oleh para pemudik,” katanya di Jember, Sabtu, 28 Juni 2014.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Jember, AKP Akmal membenarkan ucapan yang disampaikan Kapolda. Selain rentan dengan kemacetan dan kriminalitas, di daerah tersebut juga amat rentan dengan kecelakaan, hal tersebut disebabkan kondisi jalan yang licin, sempit dan kurang dengan penerangan.

“Selana arus mudik dan balik, petugas akan menyiapkan alat berat untuk bersiaga manakala terjadi bencana alam, baik tanah longsor atau pohon tumbang. Hal tersebut harus segera diatasi, jika tidak diatasi maka akan terjadi kemacetan yang amat panjang,” tegas AKP Akmak.

Sekedar informasi, jalur Gunung Kumitir adalah jalur yang menghubungkan antar Kabupaten di Jawa Timur. Selain itu, jalur tersebut juga menjadi perlintasan antar pulau, yaitu Pulau Jawa dan Bali. (ANT/PN).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.