Home EKONOMI Hatta : Demi Harga Diri Bangsa, Ekspor TKI Harus dihentikan

Hatta : Demi Harga Diri Bangsa, Ekspor TKI Harus dihentikan

0
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga calon wakil presiden nomor urut 1, Hatta Rajasa memastikan diri bakal segera mengirim ekspor tenaga kerja Indonesia/ tenaga kerja wanita (TKI/TKW) ke luar negeri. Ekspor tenaga kerja kasar harus segera dihentikan, demi menjaga harkat dan martabat bangsa.

“Sebaiknya kita moratorium saja, karena terlalu banyak persoalan menyangkut kasus dan harkat bangsa,” kata Hatta dalam debat cawapres yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu malam, 29 Juni 2014.

Lebih lanjut besan Presiden Susilo Bambang Yudhyono (SBY) itu menjelaskan, selama ini TKI/TKW yang bekerja diluar negeri selalu mendapat banyak masalah, mulai dari perlakuan buruk yang diterima majikan, disiksa, diperkosa, bahkan kehilangan nyawa. Semua kejadian buruk itu bisa terjadi karena kualitas skill dan tenaga kerja asal Indonesia memang amat rendah.

“Yang jelas bagi mereka yang mau keluar negeri harus mempunyai skill tertentu. Dan harus punya kemampuan untuk meningkatkan pendapat,” jelas Hatta.

Masih kata Hatta, untuk  meningkatkan kualitas tenaga kerja, dalam waktu dekat langkah yang akan dilakukan olehnya adalah dengan mendirikan berbagai macam balai-balai pelatihan yang tersebar di luar Pulau Jawa. Ia berharap dengan mempunyai skiil dan ketrampilan, tenaga kerja Indonesia tidak dilecehkan.

Sedangkan untuk program jangka panjang, hal konkret yang akan dilakukan olehnya adalah dengan meningkatkan pendidikan. Sebab, sebanyak 46 persen angkatan kerja yang ada saat ini adalah para pekerja yang tidak lulus atau baru lulus SD. Jika, tenaga kerja Indonesia sebagai besar mengenyam jenjang perguruan tinggu, maka secara otomatis kualitas hidup akan mengalami kenaikan dengan sendirinya.

”Untuk mengurangi kesenjangan tentu jangka panjang dengan pendidikan. Dan jangka dekat adalah dengan menumbuhkan pusat pertumbuhan ekonomi baru diluar pulau Jawa. Caranya dengan membentuk balai-balai pelatihan,” tutup Hatta. (PN/MARC).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.